Thursday, June 30, 2011

Jenis-Jenis Gerakan Sosial

Ada bermacam jenis gerakan sosial. Meskipun semua ini diklasifikasikan sebagai jenis gerakan yang berbeda, jenis-jenis gerakan ini bisa tumpang-tindih, dan sebuah gerakan tertentu mungkin mengandung elemen-elemen lebih dari satu jenis gerakan.

Pertama, Gerakan Protes. Gerakan protes adalah gerakan yang bertujuan mengubah atau menentang sejumlah kondisi sosial yang ada. Ini adalah jenis yang paling umum dari gerakan sosial di sebagian besar negara industri. Di Amerika Serikat, misalnya, gerakan ini diwakili oleh gerakan hak-hak sipil, gerakan feminis, gerakan hak kaum gay, gerakan antinuklir, dan gerakan perdamaian.

Gerakan protes sendiri masih bisa diklasifikasikan menjadi dua: gerakan reformasi atau gerakan revolusioner. Sebagian besar gerakan protes adalah gerakan reformasi, karena tujuannya hanyalah untuk mencapai reformasi terbatas tertentu, tidak untuk merombak ulang seluruh masyarakat. Gerakan reformasi merupakan upaya untuk memajukan masyarakat tanpa banyak mengubah struktur dasarnya.

Gerakan ini, misalnya, menuntut adanya kebijaksanaan baru di bidang lingkungan hidup, politik luar negeri, atau perlakuan terhadap kelompok etnis, ras, atau agama tertentu. Gerakan mahasiswa 1998 di Indonesia termasuk dalam kategori ini.

Sedangkan gerakan revolusioner adalah bertujuan merombak ulang seluruh masyarakat, dengan cara melenyapkan institusi-institusi lama dan mendirikan institusi yang baru. Gerakan revolusioner berkembang ketika sebuah pemerintah berulangkali mengabaikan atau menolak keinginan sebagian besar warganegaranya atau menggunakan apa yang oleh rakyat dipandang sebagai cara-cara ilegal untuk meredam perbedaan pendapat. Seringkali, gerakan revolusioner berkembang sesudah serangkaian gerakan reformasi yang terkait gagal mencapai tujuan yang diinginkan. Gerakan mahasiswa 1998 belum mencapai tahapan ini.

            Kedua, Gerakan Regresif atau disebut juga Gerakan Resistensi. Gerakan Regresif ini adalah gerakan sosial yang bertujuan membalikkan perubahan sosial atau menentang sebuah gerakan protes. Misalnya, adalah gerakan antifeminis yang menentang perubahan dalam peran dan status perempuan. Contoh lain adalah gerakan moral, yang menentang tren ke arah kebebasan seksual yang lebih besar. Bentuk gerakan regresif yang paling ekstrem adalah Ku Klux Klan dan berbagai kelompok neo-Nazi, yang percaya pada supremasi kulit putih dan mendukung dipulihkannya segregasi rasial yang lebih ketat.

Ketiga, Gerakan Religius. Gerakan religius dapat dirumuskan sebagai gerakan sosial yang berkaitan dengan isu-isu spiritual atau hal-hal yang gaib (supernatural), yang menentang atau mengusulkan alternatif terhadap beberapa aspek dari agama atau tatanan kultural yang dominan [lihat Lofland, 1985; Zald dan Ash, 1966; Zald dan McCarthy, 1979].

Kategori luas ini mencakup banyak sekte, bahkan mencakup sejumlah gereja yang relatif terlembagakan, yang juga menentang beberapa elemen dari agama atau kultur yang dominan.

Keempat, Gerakan Komunal, atau ada juga yang menyebut Gerakan Utopia. Gerakan komunal adalah gerakan sosial yang berusaha melakukan perubahan lewat contoh-contoh, dengan membangun sebuah masyarakat model di kalangan sebuah kelompok kecil. Mereka tidak menantang masyarakat kovensional secara langsung, namun lebih berusaha membangun alternatif-alternatif terhadapnya. Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti: membangun rumah kolektif, yang secara populer dikenal sebagai komune (communes), di mana orang tinggal bersama, berbagi sumberdaya dan kerja secara merata, dan mendasarkan hidupnya pada prinsip kesamaan (equality).

Kelima, Gerakan Perpindahan. Orang yang kecewa mungkin saja melakukan perpindahan. Ketika banyak orang pindah ke suatu tempat pada waktu bersamaan, ini disebut gerakan perpindahan sosial (migratory social movement). Contohnya:  migrasi orang Irlandia ke Amerika setelah terjadinya panen kentang, serta kembalinya orang Yahudi ke Israel, yang dikenal dengan istilah Gerakan Zionisme.

Keenam, Gerakan Ekspresif. Jika orang tak mampu pindah secara mudah dan mengubah keadaan secara mudah, mereka mungkin mengubah sikap. Melalui gerakan ekspresif, orang mengubah reaksi mereka terhadap realitas, bukannya berupaya mengubah realitas itu sendiri. Gerakan ekspresif dapat membantu orang untuk menerima kenyataan yang biasa muncul di kalangan orang tertindas. Meski demikian, cara ini juga mungkin menimbulkan perubahan tertentu. Banyak ragam gerakan ekspresif, mulai dari musik, busana, sampai bentuk yang serius, semacam gerakan keagamaan dan aliran kepercayaan. Lagu-lagu protes pada tahun 1960-an dan awal 1970-an diperkirakan turut menunjang beberapa reformasi sosial di Amerika.

Ketujuh, Kultus Personal. Kultus personal biasanya terjadi dalam kombinasi dengan jenis-jenis gerakan lain. Gerakan sosial jenis ini berpusat pada satu orang, biasanya adalah individu yang kharismatis, dan diperlakukan oleh anggota gerakan seperti dewa. Pemusatan pada individu ini berada dalam tingkatan yang sama seperti berpusat pada satu gagasan. Kultus personal ini tampaknya umum di kalangan gerakan-gerakan politik revolusioner atau religius.

Download Gratis Kamus Besar Bahasa Indonesia – KBBI Offline Versi Terbaru

Kamus Besar Bahasa Indonesia disingkat KBBI merupakan sebuah program gratis (freeware) yang dapat dipergunakan untuk mencari arti atau definisi kata tertentu dalam bahasa Indonesia. Berbeda dengan kamus bahasa Indonesia yang biasa dikenal dalam bentuk buku tebal ribuan halaman, KBBI ini tersedia dalam bentuk freeware berukuran kecil namun isinya lengkap.

Program ini pertama kali dikembangkan dan dirilis oleh Ebta Setiawan. Berawal dari KBBI Offline Versi 1.0, kemudian disempurnakan menjadi KBBI Offline Versi 1.1, KBBI Offline Versi 1.2, dan sekarang telah dirilis versi terbarunya KBBI Offline Versi 1.3. Pada versi ini terdapat beberapa tambahan fitur serta perbaikan yang lebih sempurna dari versi sebelumnya.


KBBI Offline Versi 1.3



Menurut pembuatnya, perbaikan dan penambahan fitur pada KBBI Offline Versi 1.3 ini adalah sebagai berikut:

  • Auto search, sekarang kita tidak perlu menekan tombol cari atau menekan enter, ketika menuliskan kata yang akan dicari, program ini akan otomatis melakukan pencarian, kecuali jika hanya 1 huruf hasilnya juga akan huruf tersebut.
  • Pencarian berdasar kriteria : sama, diawali, diakhiri, memuat. Silahkan dipilih kriteria pencarian yang diinginkan.
  • Informasi jumlah hasil pencarian
  • Perbaikan beberapa kata dasar dan definisi yang ada tambahan angka
  • Berbaikan pemilihan kata yang sebelumnya bisa memilih banyak
  • Perbaikan beberapa kesalahan pewarnaan definisi
  • KBBI Offline akan otomatis menyimpan ukuran dan posisi tampilan/window.
  • Proses pencarian lebih cepat dari sebelumnya
  • Menampilkan hasil dalam sistem Paging, sehingga pencarian yang hasilnya banyak akan lebih cepat

KBBI Offline ini sengaja dibuat dalam bentuk portable untuk mempermudah dalam penggunaannya sehingga tidak perlu diinstal. Berikut langkah-langkah menjalankannya:

  1. Download KBBI Offline 1.3
  2. Buka file dengan program kompressi seperti Winzip, WinRar, 7zip dan sebagainya.
  3. Keluarkan (extract) semua file yang ada didalamnya. Ada 3 buah file, kbbi.exe, data.dat, dan kbbi_config.ini. Untuk menggunakan, jalankan saja file kbbi.exe.
  4. KBBI Offline anda siap untuk digunakan

Selanjutnya untuk membatasi hasil yang tampil, KBBI Offline 1.3 menambahkan fitur Paging, yaitu yang ditampilkan dibagi-bagi menjadi beberapa halaman. Pengaturan bawaan, jumlah paging ini 200, jika ingin mengubah, silahkan diedit file kbbi_config.ini dengan Notepad dan ganti nilai Paging=200 dengan isian yang kita inginkan, misalnya Paging=500 untuk menampilkan per 500 kata.

Anda tertarik menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Offline 1.3 ini di komputer atau laptop anda? Silahkan download secara gratis melalui lokasi download berikut:

Download KBBI Offline 1.3 gratis  di sini



Sumber : lihat

Wednesday, June 29, 2011

Pengumuman Hasil SNMPTN 2011 Jalur Tertulis/Keterampilan

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) terlaksana berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

SNMPTN 2011 merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SNMPTN 2011 dilaksanakan melalui 2 jalur yaitu:

(1) Jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik, dan
(2) Jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur ujian tertulis/keterampilan telah dilaksanakan dari tanggal 31 Mei sampai 1 Juni 2011 dan 3 sampai 4 Juni 2011. Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2011 mengumumkan hasil penerimaan jalur ujian tertulis/keterampilan pada tanggal 29 Juni 2011. Dari 540.953 jumlah peserta SNMPTN jalur ujian tertulis/keterampilan, peserta yang lolos seleksi sebanyak 118.233 orang. Berarti yang berhasil lolos dan diterima adalah 21,86 %. Anda dapat melihat hasil lengkap SNMPTN 2011 dengan mendownload pada link masing-masing lokasi Panitia Lokal di bawah ini!

Daftar Lengkap Hasil SNMPTN 2011

No.LokasiJumlah TerimaNama Terima
1Panitia Lokal 11 Banda Aceh3.891Download
2Panitia Lokal 14 Medan_Unimed2.433Download
3Panitia Lokal 15 Medan_USU5.819Download
4Panitia Lokal 17 Padang6.157Download
5Panitia Lokal 19 Pekanbaru3.926Download
6Panitia Lokal 21 Jambi1.231Download
7Panitia Lokal 23 Palembang2.680Download
8Panitia Lokal 25 Bengkulu1.223Download
9Panitia Lokal 27 Lampung2.454Download
10Panitia Lokal 30 Jakarta7.399Download
11Panitia Lokal 33 Bogor4.126Download
12Panitia Lokal 34 Bandung2.870Download
13Panitia Lokal 38 Banten2.579Download
14Panitia Lokal 41 Purwokerto1.669Download
15Panitia Lokal 42 Semarang5.016Download
16Panitia Lokal 44 Surakarta3.335Download
17Panitia Lokal 46 Yogyakarta6.350Download
18Panitia Lokal 50 Surabaya7.353Download
19Panitia Lokal 55 Malang6.875Download
20Panitia Lokal 58 Jember1.973Download
21Panitia Lokal 63 Denpasar1.722Download
22Panitia Lokal 64 Singaraja857Download
23Panitia Lokal 65 Mataram1.884Download
24Panitia Lokal 66 Kupang1.368Download
25Panitia Lokal 71 Pontianak2.362Download
26Panitia Lokal 73 Palangkaraya1.428Download
27Panitia Lokal 75 Banjarmasin1.396Download
28Panitia Lokal 77 Samarinda3.324Download
29Panitia Lokal 80 Makassar_UNM3.003Download
30Panitia Lokal 82 Makassar_UNHAS4.407Download
31Panitia Lokal 83 Palu2.272Download
32Panitia Lokal 84 Kendari2.540Download
33Panitia Lokal 85 Gorontalo3.302Download
34Panitia Lokal 86 Tondano1.017Download
35Panitia Lokal 87 Manado916Download
36Panitia Lokal 93 Ambon1.797Download
37Panitia Lokal 94 Jayapura1.534Download
38Panitia Lokal 95 Ternate452Download
39Panitia Lokal 96 Monokwari293Download
Jumlah118.233


Anda juga dapat melihat hasil SNMPTN 2011 dengan mengunjungi website berikut:


Demikianlah, semoga anda termasuk salah satu peserta yang dinyatakan lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur ujian tertulis/keterampilan tahun 2011. Amin!


Sumber : di sini





***Sukses Selalu***

Temukan NUPTK Anda Menggunakan Software NUPTK WebBrowser

NUPTK adalah singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang berfungsi sebagai nomor identitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang berlaku secara nasional dan menjadi syarat dalam mengikuti berbagai program peningkatan mutu dan kesejahteraan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang di programkan oleh Pemerintah/Kemendiknas sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2005.

NUPTK diberikan kepada setiap orang yang sedang bekerja sebagai Pendidik atau Tenaga Kependidikan formal maupun non formal yang bersifat unik secara nasional. Mereka yang disebut sebagai Pendidik atau Tenaga Kependidikan adalah Guru, Kepala Sekolah, Laboran, Pustakawan, Penjaga Sekolah, Tutor, Pengawas Sekolah, Instruktur khusus, Pegawai dilingkungan Depdiknas baik PNS maupun Non PNS, GTT (Guru Tidak Tetap/Honorer), PTT (Pegawai Tidak Tetap). Tujuan diberikan NUPTK agar semua pendidik dan tenaga kependidikan memiliki Single Identity Number sehingga tidak terjadi permasalahan seorang PTK dihitung ganda (Double Counting). Bagi pendidik dan tenaga kependidikan sendiri, NUPTK berguna untuk memperoleh akses setiap program/kegiatan yang dilaksanakan oleh Departemen Pendidikan Nasional, misalnya: Program Sertifikasi, Peningkatan Kualifikasi, Pemberian penghargaan, Beasiswa Bagi Anak Guru Berprestasi, dan Tunjangan-tunjangan lainnya.

Apakah anda salah seorang yang termasuk sebagai Pendidik dan Tenaga Kependidikan? Apakah anda sudah memiliki NUPTK? Bagi yang sudah pernah mendaftarkan diri dengan mengisi kuisioner untuk mendapatkan NUPTK, tetapi sampai sekarang belum mengetahui apakah sudah terdaftar atau tidak, anda dapat melihatnya menggunakan Tools atau software yang dapat menemukan data NUPTK Pendidik atau Tenaga Kependidikan di seluruh Indonesia. Tools atau software dimaksud adalah NUPTK WebBrowser versi 161. Bagi anda yang ingin memilikinya silahkan didownload melalui link yang disediakan. Selain itu disediakan juga Panduan menggunakan NUPTK WebBrowser 161 dan Instrumen Pendataan PTK berupa formulir kuisioner.

No.Nama FileLink Download
1Tools NUPTK WebBrowser 161Download
2Panduan NUPTK WebBrowser 161Download
3Formulir Instrumen Pendataan NUPTKDownload


Tools atau software NUPTK WebBrowser ini dalam bentuk portable, jadi untuk menggunakannya tidak perlu di instal. Setelah anda download, jalankan saja file Exe-nya (syaratnya komputer kita terhubung dengan internet). Selanjutnya jalankan tools ini sesuai petunjuk, maka anda dapat menemukan NUPTK Pendidik dan Tenaga Kependidikan di seluruh Indonesia yang terdapat NUPTK anda atau rekan kerja anda. Data yang ditampilkan merupakan update terbaru NUPTK secara nasional.

Screenshoot NUPTK WebBrowser versi 161



Jika belum mengetahui nomor NUPTK anda, maka pilihlah Sekolah/Madrasah pada kotak kata kunci pencarian. Selanjutnya anda tinggal memilih Propinsi, Kabupaten/Kota, dan Kecamatan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Carilah nama anda pada tabel yang tersedia. Jika sudah menemukan nama anda, itu artinya anda sudah mempunyai nomor NUPTK. Jika belum ada, silahkan hubungi pimpinan sekolah masing-masing atau menghubungi Kantor Dinas Pendidikan setempat.

Demikianlah informasi yang sangat berharga ini. Selamat menggunakan Tools atau software NUPTK WebBrowser versi 161, semoga dapat membantu anda menemukan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) anda sendiri atau siapapun. Terima kasih.




***Sukses Selalu***


Tentang lionel messi.

Lionel Messi siapa yg tak kenal sama pemain bola berbakat milik klub FC Barcelona yang satu ini. kepiawaian Lionel Messi dalam menguasai bola dan memberi kontribusi yang dominan untuk memberi kemenangan bagi klub yang di belanya selalu menjadi menjadi pusat perhatian penonton sepak bola. Skil dan pergerakan Lionel Messi di lapangan hijau yang sulit di tebak membuat lini belakang lawan yang di hadapinya selalu kesulitan.

berikut sekilas profile singkatnya Lionel Messi.
Nama lengkap : Lionel Andrés Messi
Tanggal lahir : 24 Juni 1987 (umur 24)
Tempat kelahiran : Rosario, Argentina
Tinggi badan : 1.69 m (5 ft 7 in)

Lionel Messi di juluki si kutu mungkin karena postur tubuhnya yang tidak besar dan ke piawaian nya dalam mengeloloah si kulit bundar serta kemampuannya untuk bisa lolos menembus lini pertahanan tim lawan. Selain pempunyai naluri gol yang tinggi Messi juga sering memecah kebutuan dengan talenta yang iya miliki yang bisa sewaktu2 dapat merepotkan pertahanan tim lawan dan mencetak gol.

Bersama timnya fc barcelona Messi ikut mendapatkan gelar juara liga champions dan memberikan kontribusi gol untuk kemenangan timnya pada saat mengalahkan manchester united di tahun 2009 dan tahun 2011. Dengan beberapa prestasi yang di perolehnya sudah tidak heran lagi kalo Lionel Messi mendapat banyak penghargaan olahraga.

Tuesday, June 28, 2011

Tentang Jose Mourinho

Bolamania tentunya sudah tahu dengan pelatih sepak bola yang satu ini, bernama lengkap José Mário dos Santos Mourinho Félix atau biasa akrap di panggil Mourinho saja pelatih sepak bola fenomenal yang saat ini melatih klub sepakbola terkaya sepanyol yaitu Real Madrid sudah tidak di ragukan lagi sepak terjangnya dalam dunia sepak bola. Jose Mourinho yang berhasil mengangkat prestasi beberapa klub yang lama mengalami puasa gelar salah satu klub yang pernah di latih jose Mourinho yaitu Chelsea dan berhasil mengakhiri 50 tahun puasa gelar juara liga inggris pada saat itu.

Begitu juga pada saat melatih inter milan dan mengakhiri puasa gelar juara liga champions setelah mengalahakan Bayern Munchen pada final 2009.

Nama jose mourinho mulai melambung pada saat berhasil mengantarkan klub asal portugal fc porto menjuarai liga champions dan nota bene klub tersebut tidak di unggulkan sama sekali. Dari situlah mourinho mulai di lirik beberpa klub besar dan salah satunya Chelsea setelah melatih Chelsea FC dan berhasil memberi beberapa gelar untuk chelsea mourinho akhirnya melatih inter milan dan memberikan gelar juara liga champions.

Saat ini jose mourinho terpilih menjadi pelatih klub besar Spanyol yaitu real madrid yang di huni aleh beberapa pemain bintang, meskipun melatih tim besar sepertinya akan menjadi tantangan jose mourinho yang tidak mudah untuk mengakat prestasi tim tersebut karena asuhan jose mourinho harus mampu meredam rival terbaik real madrid yaitu FC Barcelona.

ISLAM, PEREMPUAN dan SEJARAH INDONESIA


           Menurut Stuers kedudukan perempuan dahulu tinggi seperti adanya Ratu His-mo tahun 674 M di Jawa. Pada masa Majapahit bermunculan pula sejumlah tokoh perempuan seperti Rajapatni dan Ratu Tribuwana yang sangat memegang peranan penting dalam politik. Bahkan pada tahun 1429 Ratu Suhita naik tahta. 

            Kedudukan tinggi perempuan bukan saja di Jawa tapi juga diseluruh nusantara yang mengandalkan kehidupannya pada sector pertanian, dimana perempuan berperan aktif dalam organisasi ekonomi. 

            Menurut Lombard dia mengatakan adanya kemerosatan citra perempuan yaitu pada syair Bidasari, syair Ken Tambuhan dan syair Yatim Nestapa. Hal ini terjadi semenjak datangnya islam ke Indonesia. 

Pengaruh islam sangat berpengaruh besar terhadap kedudukan perempuan, perempuan mulai dibatasi dalam bidang pemerintahan, sehingga sedikit demi sekarang perempuan mudur dari panggung pemerintahan, olitik serta ekonomi. Hal ini terjadi karena kebudayaan dan tradisi Islam yang masuk di Indonesia. 

Namun menurut Raid, walapun masih ada perempuan yang berkiprah di bidang politik seperti Ratu Kalimayat, Ratu di Banten abad ke-18, selain itu Nyai Gede Wonogiri dan lain-lain serta Bundo kandung di Minang Kabau. Selain itu dibidang perdagangan seperti pasar-pasar, kios-kios dan penukaran uang dan bahkan perempuan ikut sebagai perintis gerakan perempuan Indonesia seperti Cut Nya Dien, Cut Meutiah dan lain-lain, bahkan mereka menjadi pahlawan perempuan.

Pada saat tumbuhnya lembaga-lembaga Independen di zaman pergerakan, perempuan muslim terlibat di dalamnya seperti Muhammadiyah dan Serikat Islam serta Aisiyah, Sarekat Perempuan Islam Indonesia dan lain-lain pada awal abad 20. selain itu di Minang Kabau adanya tokoh perempuan Rahmah El Yunusiah.

Hal ini merupakan langkah awal dalam sejarah pergerakan perempuan di Indonesia. Namun adat dan kebudayaan Islam tetap membuat kedudukan perempuan di segala bidang karena dibatasi oleh Al-Qura’an dan hadist.  

Saturday, June 25, 2011

HISTORIOGRAFI RENAISSANCE SAMPAI ABAD KE-19



Renaissance yaitu lahirnya kembali perhatian, cara berfikir kepada pengetahuan kesustraan dan seni zaman romawi dan yunani sehingga lahir sikap baru dan pandangan baru.

Pada abad pertengahan bangsa Eropa berada di bawah pengaruh gereja yang mempunyai pola fikir “momento mori” yang artinya ingat akan mati. Setel;ah lahirnya Renaissance pola fikir bangsa Eropa berkembang menjadi “momento vivere” yang artinya ingat akan hidup.

Renaissance bercita-cita hidup itu otonom agar manusia itu bebas dalam berfikir, berpengetahuan, mementingkan kekuatan diri sendiri dan mendidik para individualisme. Pada masa renaissance ilmu pengetahuan berkembang, mereka tidak hanya mempelajari tentang manusia tetapi juga mempelajari tentang bumi tempat tinggal manusia.

Arti penting renaissance yakni sebagai berikut :
1.      Merupakan transisi dari abad pertengahan ke dunia moderen.
2.      Penemuan inspirasi baru dari ide-ide klasik Yunani dan Romowi.
3.      Penemuan keindahan dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Pembukaan cakrawala di dunia baru melalui perkembangan percetakan sehingga ilmu pengetahuan berkembang.
5.      mempertanyakan kembali wewenang gereja.
6.      perluasan pengetahuan manusia di atas dunia melalui penjelajahan dan pemenuan dunia baru.
7.      Pelopor kemajuan ilmu pengetahuan.   

Ciri-ciri renaissance yaitu sebagai berikut :
    1.      Anthropocentrisme.
    2.      Liberal/Demokratis.
    3.      Kota sebagai pusat kebudayaan dan ilmu pengetahuan.
    4.      Komersialistis.
    5.      Tujuan dan makna hidup pada nila profan/sekular.
    6.      Dominasi pengaruh klas menengah kota (burgerstrad).
    7.      Mementingkan kebudayaan materi/Humanisme.
    8.      Pluralistik aliran dan sekte dan kelembagaan (universitas/gilde dsb).
    9.      Pemuja kebudayaan klasik.

    Sumbangan terbesar dari penulis sejarah renaissance yang muncul untuk pertama kalinya di Italia terletak pada sifat rasional. Hal yang dulunya dianggap mitos dan theologi, sekarang mereka pelajari secara kritis. Mereka meneliti buku klasik dan melakukan perbandingan kudian mereka merekonstruksi kembali sehingga memperoleh hasil yang sempurna.

    Perkembangan historiografi renaissance di pengaruhi oleh faktor eksternal, pengaruh dari luar ini membuat bangsa Eropa berusaha untuk mendapatkan informasi baik berupa data sejarah maupun geografis sehingga adanya penemuan-penemuan seperti penemuan alat pencetak oleh Coster dan Gutenberg, pembuatan peta, dan pelayaran Colombus telah membuka cakrawala baru dalam bidang komunikasi.

    Perkembangan rasionalisme dan deisme sejak abad ke-17 dan ke-18 telah mengurangi pengaruh gereja dalam sejarah. Dimana, kitab-kitab suci yang menjadi inspirasi sebelumnya mulai di kritik, naskah-naskah kuno serta dokuman-dokumen resmi juga dikritik membuat Jean Mabillon (1632-1707) melahirkan ilmu diplomatik. Di samping itu, ilmu paleografi dan arkeologi modern telah dikembangkan oleh Dom Bernard Montfaucon (1655-1741). 

    Penulis sejarah pada masa renaissance yaitu Nicolo Machiavelli (1469-1527), Francesco Petrach (1304-1474), Francesco Guicciardini (1483-1540), Leonardo Bruni (1369-1444), Marcantonio Coccio (1436-1506) dan lain-lain. Mereka dikenal dengan gagasan politiknya dan mereka menyumbangkan metode kritis dalam perkembangnan historiografi.

     Selain penulis sejarah di atas Voltaire juga menyumbangkan kemampuannya melihat perkembangan sejarah secara dinamis bukan statis terhadap historiografi modern. 

    Pada abad ke-18 akal fikiran manusia semakin berkembang, fikiran mereka semakin jauh dari hal-hal yang berbau mitos dan tahayul tetapi mereka percaya akan adanya tuhan.

    Dengan adanya kontak dengan dunia luar Eropa maka corak dan bentuk penulisan sejarah semakin luas dan beragam bukan saja dibidanng kebudayaan, politi, ekonomi, melainkan juga sosial.

    Pola perkembangan sejarah terus mengalir sampai abad ke-19. penulisan sejarah menghasilkan hukum-hukum umum (universal) yang berlaku dalam semua sejarah manusia. Mereka berusaha mencari dan menemukan faktor tertentu sebagai kunci untuk menjelaskan sebab-akibat dalam kerangka teori-teori besar (grand theory), sehingga disebut  determinisme sejarah.

    Maka penulisan perkembangan sejarah mengacu pada sejarah ilmiah berdasarkan prosedur motodologis yang dapat diuji kebenarannya. Dengan demikian, study sejarah hadir sebagai disiplin ilmu yang berdiri sendiri dan baru saja dimulai sejak abad ke-19.

    Sumber 
    1.      Dj.Q. Nasution.“Sejarah Eropa”
    2.      Drs. Mestika Zed. MA. “Study Historiografi”      
               

     

    Friday, June 24, 2011

    Cara Mendaftar dan Mendapatkan Dollar dari Ziddu.com

    Dewasa ini dunia internet tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Mereka dengan mudah mendapatkan informasi yang diperlukan. Apakah anda juga termasuk orang yang suka mencari berbagai informasi lewat internet? Tetapi tahukah anda bahwa internet kini sudah tidak lagi hanya sebagai media informasi, melainkan juga bisa sebagai media untuk mencari uang secara online.

    Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara mendaftar dan mendapatkan dollar dari ziddu.com. Ziddu adalah sebuah website yang memberi layanan service domain gratis dan hosting gratis atau Unlimited File Hosting. Anda dapat menyimpan file apa saja di Ziddu secara gratis dan kemudian menyebarkannya di internet. Anda bisa upload file yang akan di share (di bagi) dengan orang lain dan nantinya mereka bisa mendownload file yang anda upload tersebut. File-file yang bisa anda upload dan simpan di ziddu adalah file dokumen, file word, e-book, mp3, pdf, gambar, dan sebagainya. Setiap file yang diupload ke Ziddu akan diberikan link download, dimana anda dapat menyebarkan link download file anda tersebut di blog anda sendiri atau blog teman, friendster, facebook, dan forum lainnya. Hebatnya ziddu memberi ruang yang besar untuk menyimpan file-file anda tanpa dibatasi kuota.

    Ada 3 Keuntungan Mendaftar di Ziddu.com

    1. Anda dapat menyimpan file di internet secara gratis sebanyak-banyaknya
    2. Anda diberi bonus $0,001 setiap orang yang mendownload file anda tersebut
    3. Anda diberi bonus $0,1 untuk setiap orang yang anda ajak bergabung, dengan catatan orang tersebut sudah pernah mengupload file ke ziddu.com

    Untuk lebih jelasnya bonus yang diberikan adalah $0.001 untuk sekali download unik. $10 untuk 10.000 Unique Downloads, $50 untuk 50.000 Unique Downloads, $100 untuk 100.000 Unique Downloads, $500 untuk 500.000 Unique Downloads, dan $1.000 untuk 1.000.000 Unique Downloads. Pembayaran dapat dilakukan melalui rekening Paypal maupun Money Booker. Ziddu akan mengirim uang anda ke Paypal setelah mencapai minimum payment $10, biasanya dikirim sebelum tanggal 10 setiap bulannya.


    Cara daftar di ziddu.com



    • Setelah pengisian data selesai klik tombol submit atau kirim, maka akan muncul pesan “thank you for registering” dan anda akan segera di redirect di halaman utama ziddu. Lihat gambar berikut!


    • Anda telah terdaftar di ziddu dan mulailah mengupload file dengan mengklik tombol choose file dan pilih file yang ingin anda upload. Anda bisa mengupload satu persatu maupun secara multiple dengan mengganti jumlah multiple file upload. Setelah semua file anda pilih, maka klik upload dan tunggu hingga prosesnya selesai
    • Setelah proses upload selesai, anda akan segera di redirect secara otomatis dan akan muncul link setiap file yang baru saja anda upload. Link tersebut sudah siap untuk anda sebarkan di blog, forum, dan media online lainnya.


    Cara Memaksimalkan Pendapatan di Ziddu.com

    1. Upload file yang banyak dicari dan dibutuhkan orang dan sebar linknya di blog anda, forum, facebook dan sebagainya.
    2. Jika anda memiliki blog, maka beri review yang menarik untuk setiap file yang anda upload.
    3. Perbanyaklah referral anda dan memposting artikel tentang ziddu di blog dan forum yang ramai.
    4. Trafik adalah inti dari earning ziddu yang maksimal. Semakin banyak link anda tersebar dan didownload oleh banyak orang, maka earning anda juga akan semakin tinggi, karena itu rajin-rajinlah menyebar link di blog atau forum yang bertrafik tinggi.
    5. Berilah judul setiap file yang anda upload semenarik mungkin.
    6. Ingat! Semakin banyak orang yang mendownload file anda, maka semakin besar pula penghasilan yang anda dapatkan.


      Demikianlah informasi yang berharga ini, tunggu apalagi silahkan segera mendaftar di ziddu.com. Bukankah lebih cepat lebih baik?





      ***Sukses Selalu***

      Thursday, June 23, 2011

      GERAKAN SOSIAL


      “Jaringan Anti-Otoritarian (Jaringan Anti-Otoritarian saat aksi May Day) "

       





       

      Jaringan Anti-Otoritarian adalah nama sebuah jaringan lintas daerah yang terbentuk di awal tahun 2007. Jaringan ini terdiri atas organisasi-organisasi, kolektif, maupun individu yang memiliki latar belakang dan memegang anti-otoritarianisme sebagai prinsip pergerakannya, baik itu anarkisme, marxist otonomis, dan lain sebagainya.

      Latar belakang 

      Diakhir tahun 2004, di Jakarta digelar acara Street Art Festival yang diadakan atas kerja sama berbagai lembaga seni, LSM, dan beberapa organisasi lainnya. Festival seni jalanan ini rupanya menarik minat banyak kalangan, termasuk diantaranya kalangan dari para anarkis dan anti-otoritarian dari berbagai kota di Indonesia.

      Pada saat acara berlangsung, beberapa orang anarkis dan anti-otoritarian tersebut menggunakan kesempatan ini untuk sekaligus mengadakan pertemuan ditempat yang sama dengan sesamanya. Beberapa orang yang notabene juga sebelumnya pernah tergabung dalam aliansi bernama JAFNUS (Jaringan Anti Fasis Nusantara), ditambah dengan beberapa anarkis baru yang mewakili kotanya. Semula pertemuan tersebut hanya ditujukan sebagai ajang tatap muka, namun akhirnya petemuan tersebut menghasilkan satu keputusan untuk membentuk suatu jaringan komunikasi lintas daerah antar anarkis maupun anti-otoritarian lainnya.

      Usai kesepakatan dibuat, kemudian jaringan komunikasi antar daerah-pun terbentuk, beberapa perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia ikut andil didalamnya, diantaranya Medan, Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Blora, Salatiga, Surabaya, Manado, Bali, dan lain-lain.

      Awalnya jaringan komunikasi ini berjalan dengan sangat baik. Namun, lambat laun partisipasi aktif dalam jaringan ini kian berkurang sampai akhirnya hanya menyisakan 4 kota saja, yaitu Yogyakarta, Bandung, Jakarta, dan Salatiga. Akhirnya di awal tahun 2007, ke organisasi-organisasi dari ke empat kota ini (kolektif Affinitas mewakili Yogyakarta, Apokalips mewakili Bandung, Jaringan Otonomis mewakili Jakarta, dan Jaringan Autonomous Kota mewakili Salatiga) sepakat untuk lebih mematangkan jaringan komunikasi ini menjadi sebuah jaringan organisasi yang kemudian diberi nama Jaringan Ani-Otoritarian. Jaringan ini juga dibentuk dan dipersiapkan sebagai upaya untuk membangun solidaritas untuk menyambut May Day tahun 2007.

      Ide pembentukan jaringan ini kemudian direspon dengan sangat baik oleh banyak organisasi maupun individu lain diluar organisasi-organisasi diatas, yang kemudian satu-persatu menyatakan dirinya untuk bergabung dengan jaringan anti-otoritarian.

      Meski tidak terlalu banyak, akhirnya pada 1 Mei 2007, jaringan anti-otoritarian ikut terlibat dalam menyemarakan pesta perayaan MayDay di Jakarta. 

      MayDay (1 Mei 2007). Sejak pagi hari, Jakarta diwarnai unjuk rasa memperingati Hari Buruh Sedunia (May Day). Ribuan buruh, mahasiswa, organisasi kepemudaan, dan masyarakat turun ke jalan. Berbagai titik di Jakarta dipenuhi para pengunjuk rasa, seperti Kawasan Istana Merdeka, Gedung MPR-DPR-DPD, Gedung Balai Kota dan DPRD DKI, Gedung Depnaker dan Disnaker DKI, serta Bundaran Hotel Indonesia. Berbagai elemen masyarakat dan serikat buruh tumpah ruah dengan kaos seragam dan bendera warna-warni bertuliskan organ masing-masing. Beberapa kelompok membawa baliho-baliho raksasa yang umumnya berisi kecaman terhadap sistem perburuhan di Tanah Air. Di Bundaran HI, sekitar 5 ribu pengunjuk rasa berkumpul, yang kemudian bergerak menuju Istana Merdeka. Dari arah Jalan Imam Bonjol, Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Patung Tugu Tani, Jalan Kebon Sirih, kelompok-kelompok buruh juga bergerak menuju istana. Tuntutan aksi buruh ini antara lain menolak upah murah, pemberlakuan upah layak nasional, penilaian sistem kontrak kerja, revisi UU 13/2003 tentang ketenagakerjaan, 1 Mei ditetapkan sebagai hari libur, serta revisi rancangan PP tantang pesangon berdasarkan penghasilan tidak kena pajak yang dinilai tidak adil dan manusiawi.

      1.      Sifat dari aksi May day ini yaitu bersifat Phisikologi Discountent. Karena aksi ini dilakukan oleh Jaringan    anti-Otoritarian, dimana jaringan ini dibentuk oleh beberapa orang dan dari beberapa oraganisasi yang tergabung karena perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Gerigi-gerigi panas mesin era industri membelalakkan mata kaum pekerja terhadap kondisi masyarakat.

      2.      Bentuknya dari aksi May day yaitu gerakan perlawanan. Karena mereka merasa tidak senang akan sistem ekonomi-politik yang diterapkan oleh  pemerintah.

      3.      Jenis dari gerakan ini yaitu Gerakan Protes. Gerakan protes adalah gerakan yang bertujuan mengubah atau menentang sejumlah kondisi sosial yang ada. Disini gerakan may day merupakan gerakan protes terhadap pemerintah akan sistem ekonomi-politik yang berlaku.

      Tahap dari aksi May Day ini yaitu menggunakan tahap Horton, yakni :
      a.       ketidaktetraman, dimana awalnya aksi ini dikarenakan dari golongan jaringan anti-otoritarian, yang menolak akan sistem pemerintah yang diterapkan, yang sangat merugikan masyarakat.

      b.      Tahap perangsang yaitu dengan diadakannya acara Street Art Festival yang diadakan atas kerja sama berbagai lembaga seni dan LSM, Festival seni jalanan ini rupanya menarik minat banyak kalangan dan beberapa organisasi lainnya, sehingga para anggota anerkis menggunakan kesempatan ini untuk sekaligus mengadakan pertemuan ditempat yang sama dengan sesamanya.

      c.       Formalisasi, dalam pertemuan ini, akhirnya mereka membentuk suatu jaringan komunikasi lintas daerah antar anarkis maupun anti-otoritarian lainnya.

      d.      Institusionalisasi, pada tahap ini mereka melakukan aksi May Day pada tanggal 1 mei 2007.

      e.       Tahap pembubaran, setelah May Day maka semua anggotanya kembali pada kegiatan mereka masing-masing.


      Sumber :
      "http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_Anti-Otoritarian 18:05, 22 Mei 2007.
      "http://id.wikipedia.org/wiki/Anarkisme_di_Indonesia 18:07, 22 Mei 2007.


      Situs Untuk Melacak Copy Paste Artikel Blog

      Menulis ... dan menulis, itulah kegiatan seorang blogger. Mereka menulis berdasarkan data, fakta, eksprerimen, dan sebagainya sehingga menjadi sebuah karangan atau artikel. Artikel yang baik adalah karya yang lahir dari ungkapan sendiri (orisinil) dan bukan karangan hasil dari menciplak atau copy paste. Namun apa yang terjadi pada saat ingin menulis, tetapi ide untuk menulis topik tertentu tidak muncul? Pada saat itulah timbul keinginan seseorang untuk menciplak hasil karya orang lain yang biasa disebut plagiat.

      Berdasarkan pengamatan saya, bahwa artikel yang telah dimuat di sebuah blog sering dicopy paste oleh seseorang untuk dimuat juga di blognya, dan hal ini sangat sulit di hindari mengingat dengan kemudahan fasilitas copy paste itu sendiri. Apakah tindakan ini dibolehkan? Saya sendiri belum memahami betul etika copy paste artikel blog ini. Akan tetapi kalau boleh saya berpendapat, mengcopy isi artikel blog orang lain untuk dimuat juga di blog milik kita sepertinya sah-sah saja, asal menyertakan link atau sumber artikel tersebut. Suatu hal yang sangat dilarang adalah mengatasnamakan artikel orang lain sebagai artikel ciptaan sendiri (anda dibolehkan untuk mengcopy artikel diblog ini, asal tidak lupa mencantumkan sumbernya dari Jamaris Online). Apakah anda juga membolehkan orang lain mengcopy isi artikel blog anda? Bagaimanakah anda mengetahui siapa yang telah mengcopy isi artikel blog anda?

      Ada cara yang dapat dilakukan untuk melacak orang yang mengcopy isi artikel blog anda, yaitu sebuah situs yang cukup terkenal (menurut saya). Nama situs tersebut adalah:




      Untuk melakukannya sangat mudah dan tidak perlu mendaftar. Kunjungi situs tersebut. Kemudian akan muncul laman seperti gambar diatas.

      Untuk melacak orang yang mengcopy isi blog anda secara keseluruhan, masukkan url blog anda, dan untuk melacak orang yang mengcopy artikel atau postingan tertentu yang dimasukkan adalah link dari judul postingan anda, serta selanjutnya tekan GO.

      Dengan demikian, dalam beberapa saat akan ketahuan orang yang telah mengcopy isi blog anda yang dapat dilihat melalui link blog mereka. Berdasarkan pengalaman, versi gratis ini tidak bisa mengetahui semua orang yang mengcopy isi atau artikel sebuah blog. Walaupun demikian kehebatan situs ini lumayan bagus untuk melakukan intip-mengintip. Untuk membuktikan kehebat situs ini, silahkan segera kunjungi http://www.copyscape.com


      Demikianlah, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Selamat bekerja.

      Monday, June 20, 2011

      Bandit Sosial di Banten-Batavia Akhir Abad 19 Sampai Awal Abad 20


      1.      Geografis

      Keresidenan Batavia terletak di bagian timur keresidenan Banten, Batavia didirikan pada tahun 1619 oleh J.P.Coen yang awalnya bernama Jayakarta. Batavia didirikan oleh pedagang Belanda. Letak Batavia sangat strategis yang menguasi pintu masuk perdagangan di Selat Sunda. Bagian utara keresidenan Batavia adalah dataran rendah berawa, beberapa daerah yang bebas banjir sudah dihuni penduduk Betawi.

      Luas Batavia mencapai 11.660 Km. Ke arah selatan didomonasi dataran rendah subur menentang luas sampai ke dataran rendah tinggi yang berpusat di gunung gede. Bagian utara yang subur merupakan persawahan dan tanaman kelapa, sedangkan di selatan dijadikan perkebunan kopi, coklat, kacang, buah-buahan, kayu dan lain-lain. Bagian selatan merupakan tanah partikelir yang banyak menimbulkan keresahan sosial dan perbanditan.

      Selain kota Batavia sebagai bandar internasional, kota ini mempunyai jaringan transportasi dengan pedalaman yang mengangkut produksi perkebunan. 
                 
      2.      Struktur Masyarakat

      Di dalam masyarakat Banten walaupun tidak dijelaskan adanya stratifikasi tetapi dalam masyarakat setempat mengenal istilah undakan yang menunjukkan stratifikasi masyarakat. Di dalam masyarakat itu dikenal pembagian golongan masyarakat bimodal. Di satu pihak adalah golongan atas yang jumlahnya lebih kecil yang terdiri dari kaum elit birokrat dan bangsawan digolongan priyayi. Di pihak lain terdapat golongan janma leutik sebagai golongan bawah, jumlahnya besar sekali dan mereka terdiri dari petani, tukang,  pedagang, buruh dan artisan. Petani digunakan untuk menyebut lapisan masyarakat yang terdiri dari orang-orang yang bercocok tanam, tukang dan pedagang.

      Secara tradisional golongan sosial yang menduduki tempat tertinggi adalah kerabat sultan, sebagai golongan sosial yang berkuasa secara turun-temurun, meraka adalah bangsawan kesultanan banten. Akan tetapi karena makin menipisnya darah bangsawan atas dan bawah. Golongan kedua hanya menggunakan gelar raden. Di bawah mereka adalah kedudukan yang ditempati oleh elit birokrat kesultanan Banten termasuk pula para penghulu agama yang telah menduduki status formal. Dibawahnya ada golongan yang disebut golongan mardika atau kaum yang secara rela masuk islam disebut golongan utangan mereka mempunyai tugas khusus sebagai prajurit yang memerangi bajak laut. Sultan menduduki puncak hirarkhi yang secara turun-temurun adalah kepala aristokrasi yang berkuasa, karena sultan dan kerabatnya menduduki tingkat atas dalam masyarakat maka mereka berhak mendapat tanah, pusaka kewargaan atau kanayakan dan mereka berhak atas kerja bakti dan upeti dari rakyat. Keturunan sultan sampai generasi ketiga disebut warga dan keturunan yang makin jauh lagi dari sultan disebut nayaka, mereka memakai gelar yang berbeda-beda menurut hirarkhi kedudukannya.

      Dalam perjalanan masyarakat Banten juga mengalami mobilitas  sosial, khususnya setelah dihapuskannya kesultanan Banten. Pada waktu itu pemerintah kolonial mulai merekrut birokrat kolonial rendahan dengan tugas tertentu seperti penarik pajak, juru tulis dan lain-lain. Jumlah mereka semakin banyak jika di bandingkan dengan dengan jumlah bangsawan.

      Dipihak lain golongan bawah yang terdiri dari petani, pedagang, buruh dan juga golongan abdi yang sangat setia kepada gusti. Di antara para bangsawan rendahan dan mereka yang tinggal jauh dari pusat kesultanan dimasukkan kedalam golongan ini termasuk pemimpin agama setempat. 
                                     
      3.      Tokoh Bandit Sosial (Entong Gendut dan Entong Olo)

      Entong Gendut, jagoan Betawi dari Condet, Batavia. Merupakan salah satu bandit sosial yang ada di Batavia. Dia sangat benci akan perlakuan pemerintah colonial di Batavia. Dia anti terhadap tuan tanah di Batavia, yang memungut pajak terlampau tinggi, yang membuat masyarakat di Batavia menderita terutama di daerah tempat dia tinggal.

      Pada 7 Maret 1916 Asisten Wedana Pasar Rebo mendatangi kediaman Taba, petani yang berhutang pada seorang tuan tanah menyita harta banda miliknya, kemudian dijual dengan harga 7,20 gulden yang merupakan harga yang sangat rendah ukurannya waktu itu membuat, Enting Gendut turun tangan Ia beserta 50 pengikutnya memagar betis kediaman Taba yang tak berdaya. Asisten Wedana pun pulang dengan tangan kosong.

      Lain waktu, Entong Gendut pun kembali melancarkan aksinya pada saat Nyonya Van der Vasse Rollinson di Vila Nova mengadakan pertunjukan topeng. Ia bersama pengikutnya membubarkan pertunjukan dan pesta yang diselenggarakan di rumah perempuan Belanda itu. tak berhenti di sana, Entong Gendut cs pun melempari rumah DC Ament, tuan tanah di Tanjung Timur.

      Pembelaan Entong Gendut kepada para petani korban eksploitasi tuan tanah itu membuat pemerintah kolonial geram. Namun demikian keberpihakannya pada rakyat kecil membuatnya digelari Raja Muda yang selalu didampingi delapan patihnya. Dalam catatan pemerintah kolonial tentu saja Entong Gendut ditulis sebagai penjahat yang selalu membuat kekacauan. Namun di mata penduduk yang dibelanya, ia seorang pahlawan yang mati Syahid.
      Sebelum perlawanan Entong Gendut, pemerintah kolonial dalam arsip-arsipnya juga melaporkan adanya perlawanan yang dilakukan oleh penduduk Batavia pimpinan Entong Tolo. Tolo terkenal sebagai bandit yang kerap membagi-bagi hasil rampokannya dan selalu membantu penduduk di Jatinegara, Batavia pada kurun tahun 1904-1908. Sehari-hari Tolo bekerja sebagai pedagang di Pondok Gede, kemudian di jatinegara.
      Semasa hidupnya ia selalu berpindah-pindah, menghindari kejaran polisi yang menuduhnya karena selalu membuat onar. Tolo memang licin bak belut. Ia selalu bisa menghindari kejaran polisi karena penduduk yang berpihak padanya selalu menutup-nutupi keberadaan Entong Tolo. Tentu saja penduduk punya alasan kuat untuk melakukan itu karena Entong Tolo bak “Robin Hood” yang kerap membantu mereka.
      Keberpihakan itu membawa keuntungan bagi Entong olo. Pada 1906 ia terlibat sebagai dalang utama sekaligus memimpin aksi perampokan di rumah Gorin. Polisi yang berhasil menangkap Tolo. Namun polisi kesulitan untuk mengadilinya karena tak seorang penduduk pun mau bersaksi atas segala kejahatan yang dilakukannya. Tanpa pengadilan Tolo dijebloskan ke penjara dan situasi keamanan pun kembali pulih sampai kemudian ia dibebaskan. Ketika bebas ia kambuh lagi, dan melakukan aksi perampokan yang lebih ganas terhadap tuan-tuan tanah. Ketika ditangkap, Residen Batavia memutuskan agar Entong Tolo dibuang ke Manado. Di sana ia hidup sebagai orang buangan dengan tunjangan dari pemerintah colonial 10 gulden perbulannya.

      Sumber
      Suhartono “Bandit-bandit di pedesaan jawa : Study Historis 1850-1942”

      Sunday, June 19, 2011

      Cara Menampilkan Kode HTML dalam Postingan

      Memuat kode HTML di blog terutama pada posting sepertinya sudah merupakan suatu keharusan. Apapun tema suatu blog tidak akan terlepas dari kode HTML. Apalagi blog yang bertemakan tips dan trik blogger, tutorial blog, dan optimasi blog tentu banyak sekali memuat kode HTML dalam postingannya.

      Bagi blogger pemula sering mengalami kesulitan memuat kode HTML dalam isi postingan. Setelah membuat atau menulis isi postingan yang berisi kode HTML, yang keluar bukan kodenya tetapi malah efek dari kode yang ditampilkan. Sebagai contoh, setelah mengetikkan kode <a href="http://jamarisonline.blogspot.com">Jamaris Online</a> dalam postingan, yang muncul adalah Jamaris Online.

      Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menampilkan kode HTML bisa muncul di halaman posting.

      Mengubah Karakter Kode Tertentu

        Untuk menampilkan kode HTML di halaman posting adalah dengan mengubah karakter kode tertentu. Kode yang dimaksud diantaranya seperti berikut:

        <ganti menjadi&lt;
        >ganti menjadi&gt;
        &ganti menjadi&amp;
        ganti menjadi&quot;
        ±ganti menjadi&plusmn;
        spasiganti menjadi&nbsp;

        Contoh: Untuk menampilkan kode:
        <a href="http://jamarisonline.blogspot.com">Jamaris Online</a>

        Maka, hasil kodenya seterlah diganti adalah:
        &lt;a href=&quot;http://jamarisonline.blogspot.com&quot;&gt;Jamaris Online&lt;/a&gt;

        Parse kode HTML Menggunakan Layanan Web

          Menampilkan kode HTML di halaman posting dengan cara Parse menggunakan layanan web ini sebenarnya hampir sama dengan cara yang pertama di atas, dimana ada kode HTML tertentu yang harus diubah sebelum dimuat di laman posting. Kalau kode HTML yang akan dimuat terlalu panjang tentu sulit untuk mengubahnya, dan bisa saja terjadi kesalahan. Untuk mempermudah dalam mem-parse kode-kode ini dapat menggunakan jasa layanan web. Berikut disajikan beberapa alamat situs yang menyediakan layanan untuk mem-parse kode html.

          1. Centricle : http://centricle.com 
          2. Blogcrowds : http://www.blogcrowds.com 
          3. Eblogtemplates : http://www.eblogtemplates.com 
          4. Accessify : http://www.accessify.com 

          Cara mem-parse kode HTML menggunakan jasa layanan web adalah sebagai berikut:

          • Kunjungi salah satu situs, dalam hal ini saya memilih http://centricle.com
          • Masukkan kode HTML yang ingin diparse pada kolom yang disediakan,Contoh: <a href="http://jamarisonline.blogspot.com">Jamaris Online</a>


                • Klik tonbol Encode
                • Setelah beberapa saat kode HTML yang telah diparse muncul
                • Hasilnya: &lt;a href=&quot;http://jamarisonline.blogspot.com&quot;&gt;Jamaris Online&lt;/a&gt;
                • Selanjutnya copy dan paste kode tersebut ke postingan


                  Menggunakan Text Area

                    Text area merupakan daerah baru dalam posting untuk menyimpan text atau tulisan. Untuk membuatnya gunakan kode berikut:

                    <textarea name="code" rows="3" cols="40" style="background: #F2F2F2; color: #000; border: 1px solid #2E9AFE; border-left: 20px solid #0174DF; line-height: 1.5em; padding: 5px; -moz-border-radius: 7px;">
                    muat disini text/kode HTML yang ingin ditampilkan
                    </textarea> 

                    Pada kata yang berwarna biru, isikan kode HTML yang ingin ditampilkan

                    Contoh:
                    <textarea name="code" rows="3" cols="40" style="background: #F2F2F2; color: #000; border: 1px solid #2E9AFE; border-left: 20px solid #0174DF; line-height: 1.5em; padding: 5px; -moz-border-radius: 7px;">
                    <a href=" http://jamarisonline.blogspot.com">Jamaris Online</a>
                    </textarea>

                    Hasilnya adalah seperti di bawah ini:




                    Demikianlah Cara Menampilkan Kode HTML dalam Postingan yang dapat saya berikan. Bila anda memiliki cara lain yang berbeda, silahkan ditulis dalam kolom komentar yang tersedia.
                    Selamat mencoba. Terima kasih.
                    Ping your blog, website, or RSS feed for Free
                    Feedage Grade C rated
                    Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
                    Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
                    Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki