Tuesday, November 22, 2011

Cara Mengubah Format Page Title dan Judul Posting di Blogger.com

Cara mengubah format Title dan Judul Posting di Blogger.com, itulah judul bahasan kita kali ini. Sebenarnya judul ini sudah banyak dibahas oleh teman-teman blogger yang lain, namun tidak ada salahnya saya menjelaskan lagi agar para blogger pemula semakin mudah memahami dan dapat menerapkannya di blog mereka. Menurut teman-teman yang lebih menguasai teknik SEO atau Search Engine Optimization, para bloger perlu membangun blog mereka menjadi SEO friendly dan disukai oleh search engine. Salah satu usaha yang dapat mereka lakukan adalah dengan mengubah format Title dan Judul Posting. Mengapa harus diubah dan apa tujuannya?

Blogger menyukai persaingan yang berkaitan dengan penempatan keyword di judul postingan, padahal bila anda menggunakan template blogger secara default menempatkan letak judul blog berada pada bagian awal dan disusul judul posting. Dengan demikian yang menjadi keyword persaingan dalam search engine adalah format page title (judul blog) baru kemudian judul posting. Usaha kita adalah mengubah menjadi kebalikannya dengan judul posting lebih dulu baru disusul dengan page title (judul blog). Alasan utamanya adalah untuk menghindari adanya duplicate title tags yang bisa sangat mempengaruhi index keyword di mesin pencari (search engine). Untuk lebih jelas, silahkan anda bandingkan kedua gambar dibawah ini!



Pada gambar pertama diatas terlihat jelas format yang muncul di search engine adalah JUDUL BLOG kemudian di susul dengan JUDUL POSTING. Sedangkan pada gambar kedua telah diubah dengan urutan JUDUL POSTING kemudian di susul dengan JUDUL BLOG. Dengan mencari keyword yang unik, para blogger akan berusaha meningkatkan kepopuleran blognya agar muncul di halaman depan search engine. Tentu blog mereka akan banyak dikunjungi visitor. Selanjutnya bagaimana caranya search engine membaca blog anda dengan format JUDUL POSTING | JUDUL BLOG? Caranya sangat mudah. Lihat dulu kedua gambar di bawah ini!



Bagian teks yang berwarna biru pada gambar pertama diganti dengan bagian teks yang berwarna biru pada gambar kedua. Ikuti langkah-langkah berikut ini!
  1. Login ke Blogger
  2. Masukan email dan password anda
  3. Pada Dasbor klik Rancangan
  4. Pada Rancangan klik Edit HTML
  5. Jangan lupa klik Download Template Lengkap
  6. Centang Expand Template Widget
  7. Cari Kode berikut: <title><data:blog.title/></title> atau <title><data:blog.pagetitle/></title>. Biasanya terdapat pada bagian atas template blog dan dibawah tag <head> (Gunakan Ctrl+F untuk memudahkan pencarian).
  8. Setelah ketemu, ganti kode diatas dengan kode berikut: <b:if cond='data:blog.pageType =="index"'> <title><data:blog.title/></title><b:else/> <title><data:blog.pageName/> |<data:blog.title/></title> </b:if>
  9. Simpan perubahan template anda.
  10. Selesai. Lihat hasilnya.

Demikianlah Cara Mengubah Format Page Title dan Judul Posting di Blogger.com. Berdasarkan hasil pengalaman saya sesuai dengan cara diatas, perlu waktu bagi search engine untuk mengubah format blog yang baru diubah. Bagimana dengan pengalaman anda? Sampaikan pengalaman anda pada kolom komentar yang tersedia. Salam blogger.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki