Friday, March 18, 2011

Pantau User Online di Website atau Blog dengan RadarURL

Adalah merupakan suatu kepuasan tersendiri bagi seseorang apabila mengetahui bahwa website atau blog miliknya banyak dikunjungi user. Untuk melihat seberapa banyak user online yang sedang mengunjungi suatu website atau blog dapat dilakukan dengan memasang tools tambahan. Banyak sekali situs yang menyediakan aplikasi berupa widget atau tools untuk memantau user online ini, diantaranya di: whos.amung.us, radarurl.com, geovisite.com, histats.com, webfooted.net, neoworx.net, fastonlineusers.com, dan masih banyak yang lain. Kali ini saya tertarik untuk membahas RadarURL.

RadarURL adalah layanan gratis yang menyediakan statistik pengunjung di website atau blog. Dengan menempatkan widget RadarURL pada halaman anda, gambar diload setiap kali seseorang mengunjungi halaman anda. Hal ini memungkinkan RadarURL untuk menghitung dan melacak pengunjung anda. Dari RadarURL pengumpulan data, widget ini dapat menentukan artikel yang sedang dibaca dan jumlah pembacanya, negara asal pengunjung dengan disertai map/peta dunia, statistik dalam 24 jam, bulanan, tahunan dan 5 tahunan, dan negara terbanyak user onlinenya. RadarURL menunjukkan informasi ini di widget dan pada halaman statistik lanjutan yang dapat anda lihat dengan mengklik widget terpasang di website atau blog anda.

Ingin memasang Tools ini di di website atau blog anda? Berikut langkah-langkah memasang widget RadarURL di website atau blog:
  1. Kunjungi whos.amung.us
  2. Pada Get Started (sebelah kiri), pilih letak/poisisi penempatan widget RadarURL di website atau blog anda dengan memperhatikan Preview (sebelah kanan). Setidaknya ada 9 posisi letak yang dapat anda pilih, yaitu: Left Top (kiri atas), Left Center (kiri tengah), Left Bottom (kiri bawah), Bottom Left (bawah kiri), Bottom Center (bawah tengah), Bottom Right (bawah kanan), Right Bottom (kanan bawah), Right Center (kanan tengah), dan Right Top (kanan atas).

    Contoh: Untuk
    Right Top (kanan atas) JavaScriptnya:
    <script type="text/javascript" src="http://radarurl.com/js/radarurl_widget.js"></script><script type="text/javascript">radarurl_call_radar_widgetv2({edition:"Dynamic",location:"righttop"})</script><noscript><a href="http://radarurl.com/">track website users</a></noscript>

  3. Copy dan Paste JavaScript yang disediakan RadarURL pada Notepad.
  4. Selanjutnya login ke www.blogger.com
  5. Masukkan Id dan Password anda
  6. Klik Rancangan untuk masuk Elemen Laman
  7. Pada Elemen Laman klik Tambah Gadget.
  8. Pilih HTML/JavaScript
  9. Copy dan Paste JavaScript yang tadi disimpan pada Notepad.
  10. Klik Save/Simpan
  11. Klik lagi Save/Simpan untuk menetapkan Gatget baru anda.
  12. Selesai, lihat hasilnya.

Selain dengan Tambah Gadget, pemasangan tools RadarURL di website atau blog bisa dilakukan dengan Edit HTML, caranya adalah sebagai berikut:
  1. Pada Rancangan klik Edit HTML.
  2. Download template lengkap anda untuk berjaga - jaga.
  3. Beri tanda centeng pada Expand Template Widget
  4. Cari kode </body>
  5. Copy dan Paste JavaScript yang tadi disimpan pada Notepad sebelum kode </body>
  6. Klik Simpan Template
  7. Selesai, dan lihat hasilnya.

Demikian sekilas ilmu yang saya pelajari sendiri, praktikkan sendiri, dan sekarang giliran anda mempraktikkannya. Bisa kan? Selamat bereksperimen.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki