Sunday, August 14, 2011

Perbedaan OS 34-bit dengan 64-bit

32or64
     Mungkin masih banyak diantara kalian yang bingung tentang OS yang di pakai. Apakah OS yang kalian pakai itu versi 32-bit atau yang 64-bit.? Sebenarnya untuk OS Windows sudah ada penjelasannya di FAQ Microsoft tentang perbedaan 32-bit dan 64-bit. Tapi jika malas baca yang bahasa Inggris, saya akan membantu menerjemahkannya. Hitung-hitung sekalian belajar bahasa Inggris.. hehehe..

1. Apa perbedaan dari versi OS 32-bit dan 64-bit??

Istilah 32-bit dan 64-bit mengacu pada cara komputer prosesor (juga disebut CPU), menangani informasi. 64-bit versi Windows menangani sejumlah besar random access memory (RAM) lebih efektif daripada sistem 32-bit.

2. Bagaimanakah cara mengetahui versi 32-bit atau 64-bit pada komputer saya??

Untuk Windows 7 dan Windows vista
  • Klik logo windows (berada di pojok kiri) =>klik kanan pada computer => kemudian klik properties

  • Lihat pada bagian system

Untuk Windows XP
  1. Klik Start

  2. Klik kanan pada My Computer, dan kemudian klik properties

  • Jika ada tulisan “X64 Edition”, berarti kamu memakai versi versi 64-bit. Jika tidak ada tulisan tersebut, berarti kamu memakai versi 32-bit

3. Manakah versi OS yang harus saya instal: versi 32-bit atau versi 64-bit??

Untuk menginstal OS versi 64-bit anda harus mempunyai CPU  yang mampu menjalankan Windows versi 64-bit. Manfaat menggunakan OS 64-bit paling jelas ketika Anda mempunyai RAM dalam jumlah besar yang  terpasang pada komputer Anda, biasanya 4 GB RAM atau lebih. Dalam kasus tersebut, karena OS 64-bit  dapat menangani sejumlah besar memori yang lebih efisien daripada OS 32-bit. OS 64-bit dapat lebih responsif ketika menjalankan beberapa program (software) pada waktu yang sama dan sering beralih antar program.

4. Dapatkah program (software) 32-bit berjalan pada OS versi 64-bit??

Banyak program (software) yang dibuat 32-bit akan berjalan pada OS 64-bit, tetapi program (software) 32-bit akan berjalan lebih lambat di OS 64-bit dan driver 32-bit tidak bisa berjalan pada OS 64-bit

5. Dapatkah program 64-bit berjalan pada sistem operasi 32-bit??

Jika program (software) tersebut dibuat khusus untuk OS 64-bit, maka program (software) tersebut tidak akan berjalan pada sistem operasi 32-bit.

Nah, dari ulasan diatas kita dapat mengambil kesimpulan:
  • Program (software) 32-bit akan berjalan  pada OS 64-bit. Akan tetapi tidak bisa memanfaatkan kelebihan arsitektur 64-bit. Program (software) tersebut hanya akan memakai 32-bit dari 64-bit yang tersedia. Ini juga biasa disebut “mode 32-bit”.

  • Program (software) 64-bit tidak dapat dijalankan pada OS 32-bit. Ini dikarenakan Program (software) tersebut membutuhkan ruang 64-bit. Dan bukan 32-bit

Ada Sedikit tips dari saya. Jika RAM yang kamu punya dibawah 4GB, lebih baik meng-instal OS 32-bit. Dan jika RAM yang kamu punya diatas 4GB, ada baiknya meng-instal OS 64-bit. Ini dikarenakan OS 64-bit dapat bekerja lebih berat dari OS 32-bit.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki