Thursday, June 23, 2011

GERAKAN SOSIAL


“Jaringan Anti-Otoritarian (Jaringan Anti-Otoritarian saat aksi May Day) "

 





 

Jaringan Anti-Otoritarian adalah nama sebuah jaringan lintas daerah yang terbentuk di awal tahun 2007. Jaringan ini terdiri atas organisasi-organisasi, kolektif, maupun individu yang memiliki latar belakang dan memegang anti-otoritarianisme sebagai prinsip pergerakannya, baik itu anarkisme, marxist otonomis, dan lain sebagainya.

Latar belakang 

Diakhir tahun 2004, di Jakarta digelar acara Street Art Festival yang diadakan atas kerja sama berbagai lembaga seni, LSM, dan beberapa organisasi lainnya. Festival seni jalanan ini rupanya menarik minat banyak kalangan, termasuk diantaranya kalangan dari para anarkis dan anti-otoritarian dari berbagai kota di Indonesia.

Pada saat acara berlangsung, beberapa orang anarkis dan anti-otoritarian tersebut menggunakan kesempatan ini untuk sekaligus mengadakan pertemuan ditempat yang sama dengan sesamanya. Beberapa orang yang notabene juga sebelumnya pernah tergabung dalam aliansi bernama JAFNUS (Jaringan Anti Fasis Nusantara), ditambah dengan beberapa anarkis baru yang mewakili kotanya. Semula pertemuan tersebut hanya ditujukan sebagai ajang tatap muka, namun akhirnya petemuan tersebut menghasilkan satu keputusan untuk membentuk suatu jaringan komunikasi lintas daerah antar anarkis maupun anti-otoritarian lainnya.

Usai kesepakatan dibuat, kemudian jaringan komunikasi antar daerah-pun terbentuk, beberapa perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia ikut andil didalamnya, diantaranya Medan, Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Blora, Salatiga, Surabaya, Manado, Bali, dan lain-lain.

Awalnya jaringan komunikasi ini berjalan dengan sangat baik. Namun, lambat laun partisipasi aktif dalam jaringan ini kian berkurang sampai akhirnya hanya menyisakan 4 kota saja, yaitu Yogyakarta, Bandung, Jakarta, dan Salatiga. Akhirnya di awal tahun 2007, ke organisasi-organisasi dari ke empat kota ini (kolektif Affinitas mewakili Yogyakarta, Apokalips mewakili Bandung, Jaringan Otonomis mewakili Jakarta, dan Jaringan Autonomous Kota mewakili Salatiga) sepakat untuk lebih mematangkan jaringan komunikasi ini menjadi sebuah jaringan organisasi yang kemudian diberi nama Jaringan Ani-Otoritarian. Jaringan ini juga dibentuk dan dipersiapkan sebagai upaya untuk membangun solidaritas untuk menyambut May Day tahun 2007.

Ide pembentukan jaringan ini kemudian direspon dengan sangat baik oleh banyak organisasi maupun individu lain diluar organisasi-organisasi diatas, yang kemudian satu-persatu menyatakan dirinya untuk bergabung dengan jaringan anti-otoritarian.

Meski tidak terlalu banyak, akhirnya pada 1 Mei 2007, jaringan anti-otoritarian ikut terlibat dalam menyemarakan pesta perayaan MayDay di Jakarta. 

MayDay (1 Mei 2007). Sejak pagi hari, Jakarta diwarnai unjuk rasa memperingati Hari Buruh Sedunia (May Day). Ribuan buruh, mahasiswa, organisasi kepemudaan, dan masyarakat turun ke jalan. Berbagai titik di Jakarta dipenuhi para pengunjuk rasa, seperti Kawasan Istana Merdeka, Gedung MPR-DPR-DPD, Gedung Balai Kota dan DPRD DKI, Gedung Depnaker dan Disnaker DKI, serta Bundaran Hotel Indonesia. Berbagai elemen masyarakat dan serikat buruh tumpah ruah dengan kaos seragam dan bendera warna-warni bertuliskan organ masing-masing. Beberapa kelompok membawa baliho-baliho raksasa yang umumnya berisi kecaman terhadap sistem perburuhan di Tanah Air. Di Bundaran HI, sekitar 5 ribu pengunjuk rasa berkumpul, yang kemudian bergerak menuju Istana Merdeka. Dari arah Jalan Imam Bonjol, Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Patung Tugu Tani, Jalan Kebon Sirih, kelompok-kelompok buruh juga bergerak menuju istana. Tuntutan aksi buruh ini antara lain menolak upah murah, pemberlakuan upah layak nasional, penilaian sistem kontrak kerja, revisi UU 13/2003 tentang ketenagakerjaan, 1 Mei ditetapkan sebagai hari libur, serta revisi rancangan PP tantang pesangon berdasarkan penghasilan tidak kena pajak yang dinilai tidak adil dan manusiawi.

1.      Sifat dari aksi May day ini yaitu bersifat Phisikologi Discountent. Karena aksi ini dilakukan oleh Jaringan    anti-Otoritarian, dimana jaringan ini dibentuk oleh beberapa orang dan dari beberapa oraganisasi yang tergabung karena perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Gerigi-gerigi panas mesin era industri membelalakkan mata kaum pekerja terhadap kondisi masyarakat.

2.      Bentuknya dari aksi May day yaitu gerakan perlawanan. Karena mereka merasa tidak senang akan sistem ekonomi-politik yang diterapkan oleh  pemerintah.

3.      Jenis dari gerakan ini yaitu Gerakan Protes. Gerakan protes adalah gerakan yang bertujuan mengubah atau menentang sejumlah kondisi sosial yang ada. Disini gerakan may day merupakan gerakan protes terhadap pemerintah akan sistem ekonomi-politik yang berlaku.

Tahap dari aksi May Day ini yaitu menggunakan tahap Horton, yakni :
a.       ketidaktetraman, dimana awalnya aksi ini dikarenakan dari golongan jaringan anti-otoritarian, yang menolak akan sistem pemerintah yang diterapkan, yang sangat merugikan masyarakat.

b.      Tahap perangsang yaitu dengan diadakannya acara Street Art Festival yang diadakan atas kerja sama berbagai lembaga seni dan LSM, Festival seni jalanan ini rupanya menarik minat banyak kalangan dan beberapa organisasi lainnya, sehingga para anggota anerkis menggunakan kesempatan ini untuk sekaligus mengadakan pertemuan ditempat yang sama dengan sesamanya.

c.       Formalisasi, dalam pertemuan ini, akhirnya mereka membentuk suatu jaringan komunikasi lintas daerah antar anarkis maupun anti-otoritarian lainnya.

d.      Institusionalisasi, pada tahap ini mereka melakukan aksi May Day pada tanggal 1 mei 2007.

e.       Tahap pembubaran, setelah May Day maka semua anggotanya kembali pada kegiatan mereka masing-masing.


Sumber :
"http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_Anti-Otoritarian 18:05, 22 Mei 2007.
"http://id.wikipedia.org/wiki/Anarkisme_di_Indonesia 18:07, 22 Mei 2007.


Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki