Friday, January 6, 2012

Banyak Teman di Facebook Bikin Stres

Facebooksudah membuat puluhan juta orang di Indonesia, sebagai media social, facebook berhasilmenghubungkan seseorang dengan teman lamayang boleh jadi sudah belasan ataupuluhan tahun tidak berjumpa. Bahkan, facebook juga disalah gunakan oleh merekayang telah memilih pasangannya untuk kembali menyapa mantan kekasihnya di masalalu, sampai kepada perilaku perselingkuhan. Plus-minus manfaat facebooksepenuhnya kendali ada di tangan penggunannya.

Hanyaitukah fenomena facebook? Tidak. Facebook diam-diam juga membawa petaka buatpenggunannya. Mereka yang terlanjur addcted alias kecanduan update status difacebook akan dihatui oleh perasaan untuk selalu ingin menyenangkan danmenghibur siapa saja masuk dalam kelompok pertemananya dengan upate statusterbaru.

Keharusanmemperbaharui status membuat pengguna situs jejaring social ini jadi harus berfikirkeras ingin menulis status terbaru apa agar bisa mendapat sambutan, dikomentari oleh teman-temannya dan jadi obrolan seru. Strespun menghantui.

Setidaknyaitulah hasil sebuah riset terbaru yang dilakukan di Edinburgh Napieruniversity, Inggris dan dilansir oleh harian Telegraph tterhadap sekitar 175mahasisiwa yang terbiasa melakukan facebook untuk berinteraksi.

Kepaapara responden survey yang dilakukan secara online tersebut, ditanyakan tentangperasaan mereka terhadap facebook. Hasilnya, mereka mengaku lebih banyak temanyang mereka miliki di facebook membuat mereka menderita stress dan mengalamineurotic limbo karena perasaan mereka sendiri untuk harus memperbaharui statusdan menyenangkan “penonton” yang tidak lain adalah teman-teman mereka yangberjumlah besar.

Para pakar psikologi internet sendiri mengaku sangsidengan klaim hasil survey tersebut dengan mempertanyakan metodologi penelitian.Sekitar sepertiga responden dari survey ini adalah perempuan.

“Kamimenemukan itu benar-benar dialami mereka yang memiliki kontak terbanyak, merekayang paling banyak mencurahkan waktunya di situ situ, yang paling cenderungmenjadi stress “ Kata Dr Kathy Charles, manajer survey.

Haltersebut menjadi saluran berita mengenai diriande sendiri. Lebih banyak temanyang kita miliki, kita lebih merasa ada penonton. Kita hampir merupakanselebritis mini dan dengan penonton lebih besar lebih banyak tekanan yangdirasakanuntuk menghasilkan sesuatu mengenai diri sendiri.

Sebanyak12 % responden mengatakan, facebook membuat mereka merasa cemas. Mereka rata-ratamemiliki 117 teman di facebook di banding mereka yang rata-rata memiliki 75teman dari sisa siswa. Dari keseluruhan sample, 63 % mengatakan mereka menundapermintaan permintaan teman baru. Kebanyakan juga mengatakan mereka cemasmengenai menarik diri dari situ situ karena takut kehilangan informasi social pentingatau menyinggung kotak.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki