Friday, January 20, 2012

Cek Mesin Sebelum Perjalanan Jauh

Ada beberapa cara menghemat biaya perawatan mobil. Tanpa harusmengandalkan jasa bengkel terus – menerus, anda bisa belajar mengatasikerewelan mobil sendiri mulai dengan cara mempelajari hal – hal teknis kecil –kecil. Misalnya, periksalah komponen mobil sebelum bepergian jauh. Mulai darikemponen sistem pembakaran, sistem pengapian, sistem kelistrikan dan dynamostarter. Pada sistem pembakaran, komponen yang perlu diperhatikan adalahtangki, pompa dan saringngan bahan bakar. Sebab, dari sinilah kendaraan yangkita pakai akan mulai bergerak dan mengatur sistem lainnya. Jangan lupa,karburator juga perlu diperhatikan. Karena komponen inilah ayang akan mengatursistem emisi gas buang dari rangkaian knalpot. Pemeriksaan terhadap komponen –komponen ini, penting untuk mencegah terjadinyakerusakan atau kebocoran padatangki. Begitu juga dengan sistem pengapian, hendaknya dilakukan pengecekan danpenyetelan secara berkala. Hal ini untuk memastikan sistem platina dan busibekerja secara efektif sehingga menimbulkan api yang menghubungkan dengansistem lainnya. Jangan samapi busi menjadi kotor dan berwarna kecoklat –coklatan yang menandakan busi sudah dalam keadaan kurang normal kerana perlunyapenggantian.

Pastikan komponene kelistrikan berfungsi dengan baik. Perhatikan kabel –kabelyang menghubungkan antara yang satu dengan yang lainnya saling berkaitandan tidak ada kabel yang terkelupas atau terputus. Hal ini agar tidakmenyebabkan terjadinya korsleting yang dapat menyebabkan kendaraan berjalantidak optimal dan bisa terbakar. Apalagi saat hujan, hal tersebut akan sangatmembahayakan.

Dynamo stater, juka perlu mendapat perhatian khusus karena melalui alatini mulai dari sistem pembakaran, sistem pengapian dan sistem kelistrikan akanberjalan. Jangan sampai gara – gara dynamo atau aki kendaraan tidak berfungsi,kendaraan menjadi mogok di jalan.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki