Monday, January 2, 2012

Shih Huang Ti ( 259 – 210 SM)

KaisarCina yang besar Shih Haung Ti dari tahun 238 – 210 SM menyatukan Cina dengankekuatan senjata dan meletakkan dasar perombakan=perombakan. Perombakan inimerupakan factor utama dalam penyatuan kultur Tiongkok hingga kini.

ShihHuang Ti juga terkenal dengan julukan Chi’in Shih Huang TI. Dilahirkan tahun259 SM dan wafat tahun 210 SM. Dia lahir dipenghujung tahun dinasti Chou yangdidirkan sekitar tahun 1100 SM. Berabad sebelum masanya, dinasti Chou sudahkehilangan keampuhannya selaku penguasa dan Cina terpecah menjadi banyak sekaliNegara-negara Feodal.

Berbagairaja-raja feudal tak henti-hentinya bertempur dan lambat laun beberapa penguasakecil lenyap, sehingga akhirnya kepemimpinan Ch’in lah yang menjadi kerajaanterkuat di Cina pada saat Cheng memipin kerajaan tersebut. Secara simbolisCheng naik tahta pada tahun 246 SM umur 13 tahun, tapi untuk memegangpemerintahan Cheng sudah cukup dewasa pada tahun 238 SM. Cheng mengangkatjendarl-jendarl yang berkemampuan dan dengan semakan berkorbar menggayangnegeri-negeri feudal yang masih tinggal. Negeri feudal terakhir runtuh tahun221SM dan setelah itu dia memproklamirkan diri selaku Wang (raja) seluruh Cina. Sekedarmemberi bobot untuk memutus dengan masa lampau maka dia memakai gelar baruyakni Shih Huang Ti yang maknanya “Kaisar Perama”.

Diamulai melakukan perubahan-perubahan yakni menghapus sema system pemerintahan feudal,wilayah yang dikuasainya terdiri dari 36 provinsi dan pada tap provinsidiangkat seorang Gubernur sipil yang langsung ditunjuk oleh Kaisar. Shih HuangTi mengeluarkan dekrit bahwa Gubernr Provinsi tidak lagi berdasarkan keturunan,sehingga akibat dekrit ini maka terjadilah kebiasaan memindah-mindahkangubernur dari satu provinsi ke provinsi lain untuk mencegah kemugkinantimbulnya pejabat daerah yang ambisius dan menyusun basis kekuatan untukkepentingan dirinya sendiri. Tiap rpopinsi juga mempunyai pemimpin militer,ditunjuk oleh kaisar dan dapat dipindah-pindahkan seperti gubernur, di sampiitu ditunjuk pula pihak ketga untuk memlihara keseimbangan antara gubernursipil dan militer. Dia membangun jalan raya yang panjang dan rapi menghubungkanibukota dengan kota-kota propinsi. Bagi aristocrat-aristokrat lam yang masihhidup harus menetap di ibukota Hsieng agar mereka mudah diawasi.

Selainmiliter dan politik, da juga menentukan norma-norma ukuran ekonomi baik untuktimbangan maupun panjang suatu barang, dia menetapkan standar mata uang,macam-macam peralatan, lebar suatu panjang kedaraan dan mengawasi konstruksijalan raya dan saluran-saluran air dan menetapkan system hokum yang seragamuntuk seluruh Cina  serta standar bahasatulisan.

Tembok Besar Cina
Perbuatannyayang pali termasyur yakni membakar semua buku di Cina kecuali buku pertanian,kedokteran, catatan sejarah mengenai negeri Ch’in dan buku-buku falsafah yangditulis oleh pengarang penganut faham legalis. Ini merupakan contoh peratamaadanya sensor besar-besaran dalam sejarah. Dia bermaksud melabrak habis filosoflawannya khususnya faham Kong Hu-Cu, tapi dia mengopi buku yang dilarangsebelum dimusnahkan dan di simpan di perpustakaan di ibukota.

Pasukan Tentara Cotta di dekat Xi'an di Cina
Politikluar negerinya yakni melakukan penaklukkan di bagian selatan Cina, barat danutara Cina, untuk mencegah jangan sampai mereka menyerang Cina Shih Huang Tidia membangun tebok besar Cina, yang masih utuh hingga kini.  Konstruksi proek ini mengakibatkanpertempuran dengan pihak luar karena membenankan pajak yang tinggi. Serangkaianperbuatan dilakukan orang untuk berusaha membunuhnya tidak berhasi. Dia meninggalsecara wajar pada tahun 210 SM.



Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki