Monday, January 9, 2012

Jadi Nama Bayi di Mesir

Seorangpemuda mesir memberi nama anak perempuan pertamanya Facebook. Nama facebookmemang sedang naik daun di Mesir selama proses penggulingan Presiden HosniMubarak karena dianggap berjasa memobilisasi massa sebelum melakukan aksi unjuk rasabesar-besaran di Tahrir Square.

Menurutberita yang dilansirkan suratkabar local Al Ahram dan di kutip situs Tec Crunch, pemuda tersebut bernamaJamal Ibrahim berusia 20 tahunan. Anak perempuan pertamanya itu diberi namafacebook Jalam Ibrahim.

Meskiada situs Vido Youtube, Twitter dan Google yang turut mewarnai perjuanganrakyat Mesir untuk menggulingkan pemerintah yang otoriter, facebook yang palingpopular. Sejumlah coretan graffiti di dinding menulis “terima kasih facebook”untuk merayakan kemenangan mesir.

BahkanWael Ghonim, staf Google di Mesir yang sempat ditangkap aparat keamanan selamaprotes berlangsung, secara khusus menyatakan terima kasih pada pendiri FacebookMar Zuckerberg. Ghonim menggunakan halaman di facebok miliknya untuk menyatakaprotes atas kebrutalan polisi yang menghadapi para pengunjuk rasa.

Facebookkini sperti menjadi pahlawan dan idola baru bagi rakyat Mesir. Saat inidiperkirakan ada sekitar 5 juta pengguna facebook di Negara tersebut danterbesar di antara Negara lain di timur tengah. Facebook juga mencatat kenaikanprokduktivitas pengguna, sejak unjuk rasa besar-besaran dimulai 25 januari2011, muncul 32.000 grup diskusi dan 14.000 pages dalam waktu dua minggu.

Aparatmiliter Mesir pun mulai menggunakan facebook untuk menjalin komunikasi denganrakyat, khususnya pemuda yang melek teknologi. Menteri dalam negeri Mesir sujasudah memiliki sejumlah halaman khusus untuk memoles citranya kembali.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki