Monday, January 23, 2012

Jadi Montir Untuk Mobil Sendiri

Dengan alasantidak paham seluk – beluk mesin, banyak orang begitu saja menyerahkan begitusaja urusan perawatan mobil kepada montir atau bengkel. Awas, kelemahan andabisa dimanfaatkan pihak bengkel untuk mengganti – ganti onderdil  atau suku cadang mobil yang sebenarnya masihlayak pakai. Akibatnya, biaya perawatan pun membengkak tidak terkendali. Jadi,mulailah belajar menjadi montir bagi mobil sendiri.

Mahalnya biayaperawatan mobil di bengkel, serta harga – harga onderdil membuat kantong cepattekor. Sebernya jika anda berusaha dan mau belajar merawat mobil sendiri asaltahu caranya akan menghemat biaya. Sebelum memulai mengambil alih peran montir,apalagi untuk perawatan mobil baru, berikut beberapa panduan praktis untukmemper mudah pekerjaan memontiri mobil sendiri :

1.       Belilahperalatan yang diperlukan saja.
Jangan tergiurdengan seperangkat alat mahal namun sesungguhnya tidak begitu berguna untkmobil anda. Mulailah mengumpulkan beberapa daftar peralatan untuk perawatandasar. Jika dikemudian hari anda membutuhkan peralatan baru, lama – kelamaankomponen peralatan anda akan semakin lengkap akan semakin lengkap dan semuadapat anda gunakan.

2.       Belilahonderdil bermutu dengan potongan harga
Jangan tertipudengan onerdil murah namun imitasi dan bermutu rendah. Jika anda pintarmenawar, mintalah diskon pada took penjualannya atas pembelian onderdil bermutuyang lebih bermutu dan tahan lama dan dapat diandalkan.

3.       Kelompokkanpekerjaan perawatan mobil anda
Gunakan rencanaperawatan yang membantu anda menggunakan waktudengan efesien. Untuk mempermudahpekerjaan lakukanlah beberapa pekerjaan sekaligus untuk satu sesi perawatan.Contohnya ketika memeriksa oli, periksalah cairan pendingin dan cairan laindalam waktu yang sama.

4.       Lakukanlahperawatan mobil anda secara rutin sebagai kebiasaan.

5.       Mobilyang terawatt akan menghemat biaya dan menghindarkan berbagai kemungkinanperbaikan kerusakan yang tidak perlu.

6.       Hidupkanatau panaskan kendaraan anda setiap hari.
Lakukanaktivitas memanaskan mobil ini setiap saat sebelum melakukan perjalanan. Halini berguna akan seluruh komponen kemdaraan berjalan optimal. Pemanasan yangdilakukan sebelum melakukan prejalanan akan mempercepat proses sistempembakaran dan pengapian pada seluruh komponen.

7.       Rutinmembersihkan.
Bersihkanlahkendaraan anda dari debu atau kotoran yang menempel pada body kendaraan

8.       Gunakanshampoo yang benar – benar cocok untuk kendaraan anda.
Hindaripenggunaan shampoo yang mengandung zat kimia berlebihan, karena dapatmerusakwarna cat kendaraan anda. Gunakan shampoo khusus untuk bodi mobil karenakebiasanya memang dirancanakan untuk tidak mengganggu lapisan cat.

9.       Padamusim hujan, air hujan yang tersisa jangan langsung di lap.
Sebab, air hujanmengandung garam. Jika langsung di lap, hal itu akan mengakibatkan cat warnamobil akan tergores. Karenanya, basahilah kendaraan dengan sedikit air, lalumengeringkannya dengan alat pengering yang bersih pula.

10.   Janganmeninggalkan kotoran pada bodi mobil lebih dari tiga hari.
Sebab, hal iniakan mengakibatkan timbulnya jamur dan mobil jadi berkarat. Jamur dan karattentu sangat menggangu karena menimbulkan bau di samping membuat keropos bodimobil.

11.   Gunakanspare – part kendaraan yang asli.
Jangan asal murah,tapi kualitasnya rendah. Hal ini dapat menyebabkan keausan pada komponenelainnya. Memang spare part yang bermutu selalu sebanding dengan harganya yangrelative lebih murah.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki