Wednesday, January 11, 2012

Catatan Selama Satu Tahun Umur Blog Jamaris Online

Apa kabar sahabat blogger? Mudahan-mudahan dalam keadaan sehat dan tetap semangat dengan aktifitas di blog masing-masing. Memang, semangat yang tinggi dan tidak mengenal lelah adalah kunci kesuksesan seorang blogger untuk tetap jaya di dunia pembloggeran. Bertepatan dengan hari ini 11 Januari 2012 blog Jamaris Online berumur 1 tahun, sejak diluncurkan 11 Januari 2011 yang lalu. Sehubungan dengan telah 1 tahun umur blog Jamaris Online, maka pada kesempatan ini saya sebagai pengelola blog Jamaris Online ingin berbagi informasi tentang keberadaan dan perjalanan blog ini.

Satu Tahun Blog Jamaris Online

Jamaris Online merupakan sebuah blog personal dengan slogan “Menyebarkan informasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi”. Nama Jamaris Online adalah gabungan dari dua kata, Jamaris dan Online. Kata Jamaris diambil dari nama penulis dan pengelola log ini yang tidak lain dan tidak bukan adalah saya sendiri (Jamaris). Sedangkan kata Online sebagai kata pelengkap untuk menunjukkan aktifitas saya ketika terhubung dengan internet (Online). Kegiatan ngeblog ini hanyalah aktifitas tambahan saja, tugas pokok saya sebenarnya adalah sebagai guru. Ilmu mengelola blog saya peroleh dengan belajar secara otodidak melalui teman-teman yang sudah lama memiliki blog. Pengalaman ngeblog adalah guru yang sangat berarti bagi saya, sehingga blog Jamaris Online mampu bertahan sampai 1 tahun.

Selama mengelola blog ini banyak suka dan dukanya. Memiliki blog yang dikunjungi oleh ribuan orang dari seluruh penjuru dunia adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi saya. Namun dalam perjalanannya banyak kesulitan yang saya temui karena minimnya ilmu ngeblog yang saya miliki. Pada awal ngeblog banyak hal yang tidak saya ketahui. Saya tidak mengenal Alexa Rank, Page Rank, Search Engine Optimization (SEO), Nofollow dan Dofollow, serta beberapa istilah lainnya. Akan tetapi berkat ketekunan dan semangat pantang menyerah, akhirnya blog Jamaris Online mampu berdiri sejajar dengan ribuan blog lainnya di dunia ini. Berbicara Alexa Rank, blog ini pernah menembus angka 500 ribuan. Kemudian tanpa sebab yang jelas turun sampai 1.900 ribuan, namun berangsur-angsur membaik secara teratur hingga hari ini (11/01/2012) telah berada pada posisi 800 ribuan. Untuk Page Rank, blog ini telah memperoleh PR-1 sejak bulan Oktober 2011 lalu. Sebuah hadiah dari Google yang selalu diharapkan oleh para blogger dan tidak mudah untuk mendapatkannya. Blog ini telah mempublikasikan sebanyak 158 posting, dan posting yang anda baca ini menjadi posting yang ke-159. Jumlah posting sebanyak itu dalam 1 tahun termasuk sedikit bila dibandingkan dengan blog teman lain yang pernah saya lihat. Mengenai visitor, blog ini dilihat oleh rata-rata 1.000 lebih pengunjung perhari dengan page view di atas 1.500. Sebagian besar pengunjung blog Jamaris Online berasal dari kalangan pendidik (guru) karena banyak posting yang berhubungan dengan kepentingan guru, namun banyak juga dikunjungi oleh para blogger terbukti dari beberapa komentar yang mereka tinggalkan di blog ini. Umumnya dari anak-anak sampai orang tua ikut meramaikan blog sederhana ini. Mudah-mudahan ke depan jumlah pengunjung akan terus bertambah seiring dengan penambahan posting baru.

Sejak bulan lalu, blog Jamaris Online bekerjasama dengan 3 website PPC Periklanan Online Lokal. Ketiga website tersebut adalah http://adsensecamp.com, Kumpulblogger.com, dan http://kliksaya.com. Peran blog Jamaris Online sebagai Penerbit Iklan (Publisher) yang mampu menghasil Rupiah untuk blog ini. Setelah 1 bulan lebih bergabung, blog ini sudah menerima kiriman sejumlah uang (Earnings) dari ke-3 website tersebut. Uang ditransfer langsung ke rekening pribadi milik Jamaris Online. Transfer pertama dari Adsensecamp.com sebanyak Rp. 14.100, Kumpulblogger.com sebanyak Rp. 16.975, dan terakhir http://kliksaya.com sebanyak Rp. 81.900 yang saya terima pada tanggal 9 Januari 2012 (dua hari lalu). Jumlah uang (Earnings) yang baru didapatkan memang belum seberapa, tetapi ada kepuasan tersendiri yang saya rasakan. Ternyata blog juga bisa menghasilkan uang bagi pemiliknya dan terbukti. Saya yakin blog Jamaris Online semakin banyak menghasilkan uang seiring dengan semakin bertambahnya pengunjung tiap hari. Pengunjung (termasuk anda) tidak usah segan-segan melihat dan mengklik iklan yang ada, sehingga blog ini bisa terus maju dan berkembang pada masa yang akan datang.

Ada suatu pengalaman yang tidak menyenangkan dan sangat menjengkelkan yang pernah saya temui selama mengelola blog ini. Ini terjadi 3 hari yang lalu, tepatnya pada hari Minggu tanggal 8 Januari 2012. Secara tiba-tiba blog Jamaris Online tidak bisa diakses sama sekali. Pesan yang muncul adalah “Blog ini telah dihapus”. Saya tidak percaya kalau blog ini telah dihapus karena saya tidak pernah melakukannya. Terus saya akses lagi berulang-ulang melalui PC, laptop, dan Hp, tetap saja memunculkan pesan seperti di atas. Kemudian saya menuju ke Blogger dan juga tidak bisa masuk. Selanjutnya saya menuju Akun Google (email) saya, dan muncul beberapa penjelasan dari Google yang intinya menyebutkan bahwa ada aktifitas yang mencurigakan di Akun saya. Saya diminta memverifikasi Akun dengan memasukan kode verifikasi yang ditentukan dan hasilnya positif. Saya berhasil mendapatkan kembali Akun Google milik saya setelah tidak bisa diakses (error) selama 32 menit 18 detik. Ini pengalaman selama ngeblog yang sempat bikin saya kesal dan marah. Ada-ada saja ya si Mbah Google!

Itulah beberapa informasi dan pengalaman yang saya dapatkan selama mengelola blog Jamaris Online dalam 1 tahun ini. Tidak acara khusus untuk merayakan Hari Ulang Tahun Pertama Blog Jamaris Online. Ibarat bayi yang baru lahir masih terdapat banyak kekurangan dengan blog ini, tetapi akan terus diperbaiki untuk memenuhi informasi yang dibutuhkan pengunjung. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pengunjung yang telah bersedia mampir ke blog sederhana ini.Bagi anda yang ingin menjalin persahabatan dan kenal lebih dekat dengan pemilik blog Jamaris Online, bisa bergabung dengan saya di sini atau di sini. Saya juga ingin mendapatkan kritik, saran, dan pendapat anda tentang blog ini. Silahkan tulis melalui kolom komentar di bawah. Apapun yang anda sampaikan akan sangat berarti bagi saya. Terima kasih!
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki