Tuesday, May 24, 2011

Berbisnis Dengan Hasil Yang Luar Biasa


Sebagian besar orang terkaya di dunia ini memperoleh kekayaannya dari bisnis, diantaranya dengan berdagang atau berniaga. Contahnya aja Bill Gates, orang terkaya di dunia yang sukses lewat bisnis softwere, Bob Sadino yang sukses lewat dengan bisnis KemChick-nya, Purdi E Chandra dengan bisnis bimbingan belajarnya Primagama, Dahlan Iskan dengan Jawa Pos Group-nya, dan masih banyak lagi yang mulai merintis karirnya dari Nol. Seorang  pengusaha lebih banyak memiliki peluang untuk sukses dibandingkan orang yang memilih jalan hidupnya sebagai pegawai atau karyawan. Jika kamu ingin jadi pengusaha, maka kamu harus mempunyai keberanian untuk menghadapi apapun resikonya, hal ini sangat penting untuk melangkah lebih maju lagi.

Menjadi pengusaha berarti kita harus melepaskan diri dari rutinitas yang monoton, ikatan waktu dan gaji yang sudah ditetapkan. Kita bebas untuk memilih langkah sendiri untuk kemajuan usaha dan memperoleh kesuksesan.
Bisnis itu sulit...?
Begitu banyak pertanyaan yang sering terdengar seperti itu,
Sebenarnya bisnis itu menyenangkan, bisnis hanya butuh kreaktivitas, keberanian dan ketekunan saja. Sebagai pengusaha, kita harus bisa mengorganisir sumber daya manusia seefektif mungkin.

Sekarang pertanyaan menjadi mau berubah atau tidak..?
kalau kita bisa dan mau berubah maka mindset bisnis itu mudah dan menyenangkan bisa memicu kita untuk jauh lebih semangat berusaha demi kemajuan bisnis.

Memulai bisni itu sebenarnya mudah karena bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja, kita tidak perlu membayangkan sesuatu yang sangat ideal untuk menjalankan bisnis, kita bisa memulai menjalankan bisnis denga hal-hal yang mudah dan sudah tersedia di sekitar kita, serta memanfaatkan tempat2 yang bisa dimanfaatkan disekita rumah, minsalnya garasi rumah yang blom terpakai atau yang sudah tidak dipakai lagi, halaman atau teras rumah.

Semangat Bisa Jadi Kekuatan
Bisnis itu seni yang memadukan berbagai unsur dan sumber daya menjadi sesuatu yang menguntungkan. Bisnis membutuhkan proses berupa kesuksesan keci atau kegalan, hal ini harus dihadapi jika ingin memperoleh kesuksesan. Semangat dalam bisnis sangat penting karena bisa membangkitkan "kekuatan alam bawah sadar manusia" yang bisa mendorong seseorang untuk sukses. Semangat adalah modal utama yang harus dimiliki selain niat dan tekat untuk bisa sukses menjadi seorang pengusaha.

     Adapun kiat-kiat yang bisa menumbuhkan semangat yakni :
1.    Tuliskan keinginan dan cita-cita yang jelas
2.    Tentukan target yang jelas
3.    Bergaul dengan orang yang berfikir positif

Memulai bisnis harus diawali dengan cita-cita yang besar, karena cita-cita yang besar akan membuat kita berjuang lebih keras untuk mewujudkannya, kemudian lanjutkan dengan niat, semangat, dan kerja keras untuk mewujudkannya.

Bisnis tidak perlu harus besar, di pinggir jalan, di tempat yang mewah , banyak karyawan dan harus memiliki kantor. Jika kita tinggal di sebuah perkampungan, maka kita harus bisa membaca situasi dan mengenali lingkungan di tempat kita tinggal, apa kebutuhan lingkungan kita tersebut..?

"Mulailah dari yang ada, dari diri sendiri, dan mulai saat ini juga"
Dengan prinsip ini kita harus memulai dari potensi yang ada pada diri kita dan sumber daya apa yang sudah tersedia.

Ada beberapa pertanyaan yang mungkin muncul di kepala kita..
"Saya tidak punya modal untuk usaha..?"
"Saya tidak punya tempat untuk berbisnis..?"
"Saya tidak punya keahlian untuk berbisnis...?"

Dalam konteks ini kita harus membalikkan pola pikir kita menjadi :
"Siapa ya.. orang yang punya uang untuk modal usaha saya..?"
"Siapa ya.. teman, saudara, tau sahabat yang punya tempat nganggur dan bisa diajak kerja sama..?"
"Siapa ya...  orang2 yang ahli yang bisa saya ajak kerja sama menjalankan bisnis..?"

Jika pertanyaan ini telah terjawab, maka beranilah untuk memulainya saat itu juga. "Biarlah sederhana yang penting nyata dan ada realisasinya". kalau bisnis yang akan dijalani sangat runit dan suli dipraktikkan maka bisnis tersebut tidak akan pernah ada.

Kita juga bisa berbisni sesuai dengan hobi, hal ini bisa membuat kita enjoy, merasa senang dan nyaman dalam menjalankan bisnis tersebut.

Usaha yang tren atau buat tren usaha..!!!
Jika kita memilih usaha yang tren, kita harus cepat tanggap terhadap kegemaran masyarakat, harus menjadi orang2 pertama dari bisnis yang tren tersebut. Jika memilih buat tren usaha, kita harus memiliki keberanian, berbisnis sesuatu yang unik yang belum pernah terpikir oleh orang lain sebelumnya.

Rezeki Berbading Lurus Dengan Resiko
Setiap langkah kita memang mempunya resiko dan ini harus diingat, baik sebagai pegawai, ataupun sebagai pengusaha mempunya resiko, jika kita ingin memiliki penghasilan yang besar dan sukses maka kita harus berani mengnempuh resiko yang akan terjadi. Jika kita takut dengan menghadapi resiko yang terjadi, maka kita akan sulit untuk menjadi pebisnis yang sukses.

"Perjalanan sejauh satu mil hanya bisa dicapai jika kita mau memulainya dari langkah yang pertama (Jadi, Jika kita ingin suksek dalam berbisnis, maka mulailah dengan langkah yang pertama yaitu mulai saat ini juga.)"
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki