Wednesday, December 21, 2011

Aristoteles (384 – 322 SM)


Nyaristak terbantahkan, Aristoteles seorang filosofis dan ilmuawan terbesar dalamdunia masa lampau. Dia memelopori penyelidikan ikhwal logika, memperkaya hampertiap cabanh filsafah dan memberi sumbangan tak terperkirakan besarnya terhadapilmu pengetahuan.

Banyakide-ide Aristoteles ini ketinggalan zaman, tapi, yang tak kalah penting dariapa yang pernah dia lakukan adalahpendekatan rasional yang senatiasa melandasikaryanya. Tercermin dalam tulisan-tulisan Aristoteles sikapnya bahwa tiap segikehidupan manusia atau masyarakat selalu terbuka untuk objek pemilkiran dananalisis. Pendapat Aristoteles bahwa alam semesta tidaklah dip roses secarakebetulan, oleh magi, oleh keinginan tak terjajaki kehendak dewa yang terduga,melainkan tingkah laku alam semesta itu tunduk pada hokum-hukum rasional.Menurut Aristoteles diperlukan bagi manusia untuk mepertanyakan tiap aspekdunia alamiah secara sistematis dan kita mesti memanfaatkan baik pengamatanempiris dan alas an-alasan yang logis sebelum mengambil keputusan. Rangkaiansika-sikap ini yang bertolak belakang dengan tradisi takhayul dan mistik telahmempengaruhi secara mendalam peradaban Eropa.

Aristotelesdi lahirkan di kota Stagira, Macedonia 384 SM, ayahnya seorangfisika kenamaan. Pada umur 17 tahun Aristoteles pergi ke Athena belajar diAkademi Plato, dia menetap di sanaselama 20 tahun. Dari ayahnya Aristoteles di dorong minatnya di bidang biologi danpengetahuan praktis , tapi di bawah asuhan Plato dia menanamkan minat dalam halspekulasi filosofis.

Aristoteles mengajarkan Alexander
Padatahun 342 SM Aristoteles pulang kembali ke Macedonia menjadi guru AlexanderYang Agung (13 tahun) dia mendidik Alexander dalam beberapa tahun. Tahun 335SM, setelah Alexander naik tahta, Aristoteles kembali ke Athena dan diamendirikan sekolah, Lyceum. 

KetikaAlexander menjadi raja dia menyediakan dana buat Aristoteles untuk melakukanpenyelidikan-penyelidikan. Tapi walaupun begitu Alexander dengan Aristotelestetap mempunyai konflik. Aristoteles menolak secara prinsipil cara kediktatoranAlexander, saat Alexander menghukum mati sepupu Aristoteles dengan tuduhanpenghianat, diapun punya pikiran udntuk menghukum Aristoteles, tapi disatupihak Aristoteles kelewat demokratis dan punya hubungan erat dengannya dandipercaya oleh orang-orang Athena.

TatkalaAlexander mati tahun 323 SM golongan anti-Macemodia memegang tumpuk kekuasaandi Athena dan Aristoteles pun di dakwa kurang ajar kepada dewa. Aristotelesmeninggal tahun 322 SM dan di buang beberapa bulan kemudian di tahun 322 SMpada umur 62 tahun.

Hasilmurni karya Aristoteles jumlahnya sangat mencengangkan 47 buah karyanya masihtetap bertahan. Daftar kuno menacatat tidak kurang dari 170 buku hasilciptaannya. Bahkan bukan sekedar banyaknya jumlah buku saja yang mengagumkan,melainkan luas daya jangkau peradaban yang menjadi bahan renungannya. Kerja ilmiahnyabetul-betul merupakan ensiklopedi ilmu untuk zamannya. Dia menulis tentangastronomi, zoology, embryologi, geografi, fisika, anatomi, physiologi dan hampertiap karyanya merupakan sebagian kumpulan ilmu pengetahuan yang diperolehnyadari para asisiten yang spesialis di gaji untuk menghimpun data-data untuknya,sedangkan sebagian lagi merupakan hasil dari serentetan pengamatannya sendiri.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki