Friday, December 16, 2011

Kong Hu-Cu (551 – 479 sm)


KongHu-Cu merupakan seorang filosof besar Cina, Dia merupakan orang pertamapengembang system memadukan alam pikiran dan kepercayaaan orang Cina yangpaling medasar. Filosofisnya menyangkut moralitas orang-perorang dan konsepsi suatupemerintahan tentang cara-cara melayani rakyat dan memerintahnya lewat tingkahlaku teladan telah menyeap jadi darah daging kehidupan dan kebudayaan orangCina lebih dari dua ribu tahun.

Lahirsekitar tahun 551 SM da kota kecil lu, kinimasuk wilayah propinsi Shantung di timur lautdaratan Cina. Dalam usia muda dia ditinggal mati oleh ayahnya membuatnya hidupsengsara di samping ibunya. Ketika dia dewasa dia menjadi pegawai negeri kelasteri tapi setelah sekian tahun dia berhenti jadi pegawai. Sepanjang 16 tahunselanjutnya dia menjadi guru, sedikit demi sedikit dia mencari pengaruh danpenganut anutan folosofisnya. Menginjak umur 50 tahun bintangnya bersinarkarena dia mendapat kedudukan tinggi di pemerintahan kota LU.

Sangnasib baik rupanya tidak selamanya ramah karena orang yang dengki dengannyamenyeretnya ke pengadilan, sehingga dia dicopot dari kedudukannya serta diadiusir  meninggalkan kota tempatnya.

Sekitar13 tahun dia berkelana dan menjadi guru keliling dan dia kembali ke kota Lu 5 tahun sebelumdia meninggal (479 SM), dia merupakan filosof sekuler yang berurusan denganmasalah moral politik dan pribadi serta tingkah laku akhlak.

Ada dua hal yang petingterdapat dalam kata Kong Hu-Cu yatu “Yen” dan “Li”. “Yen” sering diterjemahkandengan kata “Cinta”, tapi sebetulnya artinya lebih dekat yakni “keramah-tamahandalam hubungan dengan seseorang. “Li” dilukiskan sebagai gabungan antaratingkah laku, ibadah, adapt kebiasaan, tatakrama dan sopan santun.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki