Saturday, December 3, 2011

Menes ( kira2 3100 SM)

Menes

Menes, Raja cikal bakal dinasti Mesir adalah penguasa pertama yang menyatukan seluruh mesir, memegang  kerajaan begitu lama (sekitar enam puluh tahun) dan membuat kebudayaan berkembang (culture maupun sosial). Sebelum dia berkuasa Mesir terdiri dari dua kerajaan yang berkuasa, yang berada di utara di Delta Sengai Nil dan yang satu lagi di selatan di Lembah Sungai Nil. (dikarenakan sungai Nil mengalir ke laut dalam peta Mesir purba muara Nil kelihatan di bawah halaman. Maka atas dasar in, orang mesir menyebut Delta di utara sebagai “Mesir Bawah” sedangkan di Selatan “Mesir Atas”.
Add caption
Menes juga terkenal dengan sebutan Narmer berasal dari Thinis sebuah kota di selatan Mesir, setelah menguasai kerjaan sebelah utara dia menjuluki dirinya “Raja utara dan selatan Mesir”. Dekat perbatasan ama antara kedua kerajaan Menes mendirikan sebuah kota baru yaitu Memphis (kota Kairo sekarang) sehingga menjadi ibukota mesir karena letaknya yang strategis.

Dia mendirikan lembaga pemerintahan dan social, penulisan hieroglyph berkembang dengan pesat, begitu juga dengan pembangunan-pembangunan dan kepandaian tekni lainnya.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki