Friday, December 23, 2011

Meng-Tse (Mencisu) sekitar 371-289 SM

FilosifCina Meng-Tse adalh pengganti Kong Hu-Cu, ajaran-ajarannya seperti apa yangdibentangkan dalam buku Book Of Menciussangat dihargai di Tiongkok selama beradab-abad. Dia sering dijuluki ‘The Second Sage” manusia bijak keduayaitu kebijakannya jatuh nomor dua setelah Kong Hu-Cu yang berjangka selisihdengannya sekitar 2000 tahun.

Mang-Tsedilahirkan sekitar tahun 371 SM di negeri kecil Tsou yang kini berada diProvinsi Shan Tung. Masa dia lahir merupakan babak akhir dinasti Chou yangdisebut oleh orang Cina dengan julukan “Masa perang antar negri” berhubung Cinasecara politis waktuitu terpecah belah. Meng-Tse meskipun berada di belakangtradisi Kong Hu-Cu dan senang tiasa menjadi pendugung gigi teori-teori dangagasan Kong Hu-Cu akhirnya dihormati selaku cerdik pandai dan filosof atasdaya kreasi dan daya pikirnya sendiri.

Meng-Tsemenghabiskan banyak masa dewasanya melakukan perjalanana di seputar dalamnegeri Cina danmenawarkan nasihat kepada berabagai penguasa. Beberapa penguasamendengarkan dengan hormat dan untuk beberapa saat dia menjadi penjabatpemerintah Ch’I tapi dia tidak mempunya posisis permanent ataupn pembuatkeputusan. Di tahun 312 S saat umurnya sekitar 59 tahun dia kembali kekampungnya di negeri Tsou dan tinggal menetap disana sampai akhir hidupnyasekitar tahun 289 SM.

Meng-Tsemengumpulkan pengikut-pengikut selama masa hidupnya tapi pengaruhnya atas Cinaterpokok karena Book Of  Mencius-nya, dimana terteraajaran-ajarannya. Meskipun buku ini bias jadi sudah mengalami berbagaiperbaikan oleh pengikutnya, tapi pokok-pokoknya mencerminkan ide-ide Meng-Tse.

CitraBook Of Mencius berwarna idealistisdan optimis menentukan keyakinana teguh Meng-Tse bahwa sifat manusia padadasarnya baik dalam banyak hal, ide politiknya sam dengan Kong Hu-Cu khususnyadia percaya bahwa seorang raja harus memerintah pertama lewat contoh moral daripada dengan kekuata . pada ajarannya dia menyatakan “Langit melihat sepertirakyat melihat, langit mendengar seperti rakyat mendengar”. Adalah salah satupernyataan yang terbaik.

Meng-Tsemenegasakan bahwa komponen paling penting tiap Negara adalah rakyat bukanpenguasa, kewajiban penguasa mensejahterakan rakat. Dia harus memberi rakyatpenuntun moral dan kondisi yang layak untuk hidupnya. Dia antara politikpemerintahan dia menganjurkan perdagangan bebasa, pajak ringan, pelestariansumber alam, pemerataan kekayaan yang sama daripada keadaan sekarang danpersediaan pemerintah buat kesejahteraan orang-orang jompo dan orang miskin.Meng-Tse percaya bahwa kekuasaan seorang raj berasal dari langit tapi seoangraja yang mengabaikan kesejahteraan rakyat akan kehilangan “mandate dari langit”dan akan sepantasnya akan ditumbangkan. Dia mengatakan bahwa rakyat punya hakuntuk memberontak melaan penguasa yang tidak adil.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki