Monday, December 26, 2011

Asoka (300 – 232 SM)

Rajaterpenting dalm sejarh Indiaadalah Asoka penguasa ketiga dari dinasti Maurya. Dia lahir sekitar 300 SM dannaik tahta tahun 273 SM. Awalnya dia mengikuti jejak buyutnya berusahameluaskan wilayah kekuasaannya. Pada tahu ke* dia sukses di Kalinga Negara dipantai Timur India (Orissa sekarang)tapi dia merasa tertekan karena banyaknyapasukannya yang meninggal sehingga dia menghentikan pepearangannya menaklukkanIndia dan menjauhkan diri dari perbuatan agresif, dia menjadi pemeluk Budha damenerima filosofisnya mencoba mempraktekkan nilai-nilai “Dharma yang mengandungsuruhan menjalankan kebenaran, kebajikan dan ketidakagresifan.

Buatpribadinya sendiri dia menghentikan berburu dan menjadi vegetarian, diamendirikan rumah-rumah sakit, tempat-tempat peribadatan, mengeluarkan aturanyang meringankan penduduk, membangun jalan dan peraiaran, bahkan Asoka secarakhusus menunjuk pejabat supaya beribadah kepada tuhan dan mengembangkansemangat hidup berbaik-baik sesame manusia. Semua agama mendapatkan tempat yangsama di kerajaannya., walaupun begitu agama Budha tetap menjadi agama resmi,utusan-utusan budha di kirim ke luar negeri dan misi mereka mencapai suksesbesar di Srilangka.

Asokamemerintahkan mencatatan kehidupan dan langkah kebijaksanaannya yang ditulis ditiang-tiang atau batu-batu karang yang tersebar di eluruh negeri.  Setelah dia meninggal kerajaannya menjadiberantakan dan tidakpernah bias bangkit kembali.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki