Monday, December 19, 2011

Lao Tse (sekitar abad ke-4 SM)


Dariberibu-ribu buku Cina, mungkin yang paling banyak diterjemahkan dan dibaca diluar negeri itu adalah sebuah buku yang ditulis lebih dari 2000 tahun yanglalu, terkenal dengan nama Lao Tseatau Tao Te Ching. Buku Tao Te Ching ini atau “Cara lama dankekuatannya” adalah naskah utama dimana filosof Taoisme diperinci.

Bukuini ditulis dengan gayakhas yang luar biasa dan mampu menyuguhkan berbagai macam penafsiran. Ide sentralnyaberkaitan dengan masalah Tao yanglazim diterjemahkan dengan “jalan” atau “jalur”. Tapi konsepnya agak kaburkarena buku ini dimulai dengan kalimat Taoyang dijelaskan bukanlah Tao yangabadi, tapi secara kasarnya adalah “alam” atau “hokum alam”.

Taoismeberanggapan bahwa individu janganlah melawan Tao, melainkan harus tunduk menghambakan diri dan bekerjabersamanya. (Seorang Taoist dapat menunjukkan contoh air yang lembutnya taktebatas, yang mengalir tanpa proses menuju daratan redah dan yang tak melawankekuatan selemah apapun, tak terhancurkan, tapi karang yang sekokoh apapun bisaluluh pada akhirnya).

Untukseorang pribadi manusia kesederhanaan dan kewajaran merupakan hal yang menjadianjuran. Kekerasan harus dijauhi seperti juga halnya bergulat untuk uang danprestise. Orang tidak boleh bernafsu merubah dunia, melainkan harusmenghormatinya. Bagi pemerintah, langkah yang dianggap bijak adalah berbuattidak begitu aktif, banyak mengatur ini-itu, menambah lagi ndang-undang ataumemperkesar ketentuan-ketentuan yag sudah ada, hanya mengakibatkan keadaantambah buruk. Pajak yang tinggi, rencana-rencana pemerintah yang terlaluambisius, menggalakkan perang kesemuanya ini berlawanan dengan filosofi Taoisme.

Menuruttradisi Cina, penulis Tao Te Chingadalah bernama Lao Tse, dia hidup diCina bagian utara, sebagian masa hidupnya dia sebagai ahli sejarah atauseseorang pembimbing arsip pemerintah, di kota Lo Yang ibukota kerajaan dinasti Chou. Lao tse bukan nama sesungguhnya, melainkan penggilan hormatyang secara kasara bebrarti “sesepuh”. Dia menikah dan mempunyai anak bernama Tsung yang kemudian anaknya menjadijendral di negeri Wei.

MeskipunTaoisme bermula dari filsafah sekuler, tapi semacam gerakan keagamaanberkembang dari sana.Tapi, karena Taoisme sebagi sebuahfilosofi melanjutkan atas dasar khususnya gagasan yang tertuang dalam buku Tao Te Ching, “agama Taoist” ini segera diliputi dengankepercayaan dan cara ibadah yang penuh takhayl yang sedikit sekali kaitannyadengan ajaran Taoisme.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: nail-art-polish-2012 Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki